Hanya Mitos, 4 Jenis Makanan Ini Disebut Bisa Tingkatkan Imun

0
90
ilustrasi

TNews, KULINER – Cuaca ekstrem dari panas terik tiba-tiba berubah menjadi hujan badai atau sebaliknya membuat berbagai penyakit rentan berdatangan dan menyerang tubuh. Saat inilah sistem kekebalan tubuh benar-benar diperlukan, apalagi pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

Anda tentu saja menginginkan sistem imun yang kuat agar tidak terserang penyakit saat musim pancaroba tiba sekaligus melindungi diri dari Covid-19. Berbagai makanan dan multivitamin pun dikonsumsi karena sering dianggap mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir dari One Medical, orang sering mencari cara meningkatkan sistem imun dengan cara singkat, padahal tidak ada yang namanya meningkatkan kekebalan melalui suplemen dan makanan super.

Hal yang seharusnya dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh adalah menjalani gaya hidup sehat dan rajin berolahraga. Berikut makanan dan suplemen yang sering dianggap bisa meningkatkan imun tubuh padahal belum tentu jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat.

  1. Vitamin D

Vitamin D baik untuk kesehatan tulang dan membantu meredakan nyeri otot dan sakit kepala. Meski demikian, dilansir dari The Healthy vitamin D justru tidak memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem imun tubuh manusia.

Selain itu, jika dikonsumsi berlebihan vitamin D bisa menyebabkan penumpukan kalsium dalam darah, dosis normal adalah 1.000 mg per hari.

  1. Madu

Tidak ada bukti madu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, malah sebaliknya. Madu adalah gula dan gula secara umum menurunkan kekebalan Anda.

Sangat penting untuk menghindari pemberian madu kepada anak di bawah satu tahun karena meningkatkan risiko botulisme, gangguan kelumpuhan yang serius.

  1. Teh hijau

Teh apa pun baik untuk Anda tapi teh hijau tidak memiliki khasiat lebih baik dari teh lainnya. Alih-alih membeli teh hijau, lebih baik minum air putih yang memang sehat dan murah.

  1. Sup ayam

Sup ayam selain lezat juga dipercaya bisa meningkatkan imunitas. Tetapi itu berlaku jika Anda menggunakan ayam asli, bukan kaldu ayam buatan. Ingatlah bahwa yang memiliki sifat antivirus adalah lemak dan kulit ayam asli.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.