Indonesia Ekspor Satu Ton Bumbu Rendang ke Norwegia

0
22
Ilustrasi Bumbu Rendang ( foto : fimela.com )

TNews, KULINER – Indonesia akan mengekspor satu ton bumbu rendang dan kalio ke Norwegia.

Bumbu rendang dan kalio itu buatan ibu-ibu yang tergabung dalam Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Kota Padang. KBRI Oslo menyampaikan hal itu melalui siaran pers, Senin (29/8/2022).

Bumbu rendang dan kalio tersebut akan dikirim secara bertahap ke Norwegia oleh Scannesia AS, yakni perusahaan yang dimiliki diaspora Indonesia asal Sumatera Barat, Emmy Jørgensen.

Scanesia adalah perusahaan Norwegia pemasok dan pengekspor makanan otentik dan makanan laut dari Asia.

Bumbu tradisional Indonesia tersebut diperkirakan akan tersedia di sejumlah swalayan di Norwegia, termasuk Storcash Norge pada Oktober 2022.

Gubenur Sumatera Barat, Mahyeldi, melepas ekspor bumbu rendang dan kalio itu secara resmi pada Senin pagi di halaman kantor Gubernur Sumbar.

Duta Besar RI untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, menyampaikan rasa bangga dan menekankan potensi besar pasar Norwegia bagi produk Indonesia, terutama kuliner.

“Masyarakat Norwegia sangat petualang dan senang mencoba hal baru, termasuk makanan. Kami berharap Pemprov Sumbar bisa membantu diaspora Indonesia agar bisa mendirikan restoran Padang di Oslo,” ujar Todung.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara aktif telah melakukan promosi kuliner Sumbar ke tingkat internasional.

Sebelumnya, Mahyeldi telah melepas satu ton ekspor bumbu rendang karya Koperasi Anak Minangkabau ke Hamburg, Jerman pada Juli 2022. Selain itu, melaksanakan kegiatan masak rendang (Marandang) sedunia pada 2021.

“Kami bangga bisa mendukung pengusaha Sumatera Barat untuk ekspor ke pasar Internasional. Pemprov Sumbar akan terus membantu dan mempermudah proses perizinan agar semakin mendorong ekspor,” tuturnya.

Menurut KBRI Oslo, antusiasme masyarakat Norwegia terhadap kuliner Indonesia tercermin pada kegiatan promosi Indonesia Culinary and Food Festival di Oslo pada 20 Agustus 2022. Berbagai makanan khas Indonesia laku keras diborong masyarakat Norwegia.

Pemilik Scanesia, Emmy Jørgensen, menyampaikan rasa haru karena impian membawa produk bumbu rendang dan kalio karya UMKM Sumbar ke Norwegia terwujud.

“Ini akan menjadi awal agar semakin banyak produk Indonesia khususnya Sumbar tidak hanya ke Norwegia tapi wilayah Scandinavia dan Eropa,” ujar Emmy.

Emmy juga berharap ekspor itu dapat menjadi kontribusi konkret membantu meningkatkan ekonomi UMKM di Sumatera Barat.

Sumber: solopos.comfimela.com )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.