Ini 5 Makanan Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

0
173
ilustrasi

TNews, KULINER – Penderita diabetes tidak perlu menghindari makanan sumber karbohidrat. Tetapi bisa lebih bijak memilih sumber makanan yang sehat.

Banyak para penderita diabetes yang menghindari asupan karbohidrat. Padahal nutrisi ini penting sebagai sumber bahan bakar tubuh. Ada beberapa sumber karbohidrat yang sehat dan bisa menjadi santapan bagi pasien diabetes.

karbohidrat bukanlah musuh bagi penderita diabetes, termasuk untuk diabetes tipe 2. “Ketika Anda mengatakan ‘karbohidrat’, kebanyakan orang berpikir tentang gula,” kata Meredith Nguyen, RD, seorang ahli gizi diabetes bersertifikat di Dallas-Fort Worth.

“Karbohidrat memberikan energi bagi tubuh. Tapi bukan berarti semua jenis makanan sumber karbohidrat bisa dan boleh dikonsumsi. Ini terkait dengan kandungan gula dalam makanan tersebut,” lanjutnya.

Sebuah jurnal yang diterbitkan pada Juni 2018 dalam jurnal BMJ menyebutkan bahwa makanan seperti sayuran, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan serta produk susu merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes.

Berikut beberapa makanan enak yang mengandung karbohidrat sehat bagi penderita diabetes:

  1. Susu

Susu dan produk susu lain seperti yoghurt serta keju mengandung gula dalam bentuk laktosa. Tapi ini adalah kelompok makanan penting yang bisa disantap orang-orang dengan diabetes. Susu mengandung protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan.

Protein dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, kesehatan metabolisme serta menjaga massa otot. Penelitian yang dilakukan National Institutes of Health (NIH) menunjukkan mineral dalam susu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang.

Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih produk susu rendah lemak. Selain mengontrol gula darah, konsumsi susu rendah lemak juga membantu menjaga berat badan. Batasi juga konsumsinya, setidaknya minum susu satu gelas dalam sehari.

  1. Buah

Selain tinggi serat dan vitamin, buah segar juga mengandung karbohidrat dalam bentuk fruktosa. Gula buah ini terbilang sehat dan membantu mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh. Namun tetap perhatikan jenis dan porsi buah yang dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan April 2017, penderita diabetes yang makan buah segar setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah.

  1. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, blueberry dan raspberry terbukti baik untuk penderita diabetes karena rendah gula dan tinggi karbohidrat dibandingkan jenis buah lain. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

“Raspberry memiliki kandungan serat tertinggi dari semua buah beri, menjadikan buah ini sebagai pilihan tepat untuk mengontrol gula darah dan mengendalikan berat badan,” kata Palinski-Wade.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Juni 2019 dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa makan 1 cangkir blueberry setiap hari meningkatkan aliran darah dan fungsi arteri.

  1. Sayuran

Konsumsi sayuran adalah cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Sayuran juga mengandung serat sehingga membuat kenyang lebih lama dan melancarkan sistem pencernaan. Ahli gizi bahkan merekomendasikan pasien diabetes untuk mengasup setengah piring makanan dengan sayuran.

Beberapa sayuran yang bisa dipilih antara lain brokoli, kembang kol, kangkung dan sayuran hijau lainnya. Namun ada juga beberapa jenis sayuran yang patut dihindari yakni sayuran yang mengandung pati seperti ubi, jagung dan kacang hijau.

  1. Kacang-kacangan

Para penderita diabetes diperbolehkan makan berbagai jenis kacang-kacangan. Bahkan ahli gizi merekomendasikan untuk makan 5 porsi kacang dalam seminggu. Dengan asupan kacang ini, para penderita diabetes bukan hanya bisa mengontrol gula darah tetapi juga mencegah risiko penyakit jantung 17 persen lebih rendah.

Para peneliti mencatat bahwa kacang dapat meningkatkan kontrol glikemik, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi arteri, karena berbagai jenis kacang mengandung lemak tak jenuh, serat, vitamin E dan folat, serta mineral seperti kalsium dan magnesium.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.