Ini 5 Makanan Penambah Darah bagi Penderita Anemia, Tinggi Zat Besi dan Paling Disarankan!

0
103
Ilustrasi Makanan Penambah darah bagi penderita anemia ( foto : kumparan )

TNews, KULINER – Ada banyak makanan penambah darah bagi penderita anemia. Biasanya, penurunan sel darah merah pada tubuh atau anemia, disebabkan karena kekurangan zat besi.

Hal itu berarti, tubuh Anda tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup. Sebagai informasi, hemoglobin merupakan zat yang ada di dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

itu, apabila Anda kekurangan zat besi bisa mengakibatkan tubuh mudah lelah dan lemas. Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, karena berguna untuk membuat hemoglobin, mioglobin dan beberapa hormon.

Untuk mencukupi asupan zat besi, ada beberapa makanan yang terbaik bagi para penderita anemia. Berikut ini 5 makanan penambah darah bagi penderita anemia yang kaya akan zat besi. Beberapa makanan ini tentunya sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Dirangkum pada Rabu (19/10/2022).

1. Daging merah

Makanan penambah darah bagi penderita anemia yang pertama adalah daging merah. Satu porsi 100 gram daging giling yang dimasak, mengandung 2,47 mg zat besi atau 15% dari nilai harian yang disarankan. Zat besi dalam daging merah bisa meningkatkan penyerapan zat besi nonheme dari makanan lain yang dimakan bersamaan, seperti halnya sayuran hijau.

2. Jeroan

Makanan penambah darah bagi penderita anemia selanjutnya ada jeroan. Mungkin jeroan kerap diabaikan, tapi bisa menambahkan beberapa jeroan pada menu makanan, salah satunya yaitu hati yang kaya akan zat besi. Satu porsi 100 gram hati sapi goreng, memiliki berat 6,12 mg zat besi atau sepertiga dari asupan harian yang disarankan.

3. Seafood

Makanan penambah darah bagi penderita anemia yang lain yaitu seafood. Makanan laut seperti ikan dan kerang, tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tapi juga merupakan sumber yang kaya akan zat besi untuk anemia. Selain itu, tiram dan remis juga mengandung zat besi yang cukup tinggi.

4. Bayam

Sayuran bayam memiliki zat besi yang tinggi. Yakni pada 100 mg bayam terdapat 2,71 mg zat besi. Meski terdengar jumlah bayamnya cukup banyak, tapi sayuran tersebut akan layu secara drastis saat dimasak.

5. Daging domba

Makanan penambah darah bagi penderita anemia yang terakhir ada daging domba. Daging Domba memiliki cita rasa yang lezat dan mudah didapat. Seperti di supermarket atau di pasar tradisional. Daging domba juga banyak disajikan di restoran steak dan maupun kafe. Mengonsumsi daging domba bisa mencukupi asupan zat besi yang Anda butuhkan setiap hari. Karena, pada 100 gram daging domba mengandung 1,98 mg zat besi.

Sumber: inews.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.