Ini Alasan Sup Sarang Burung Walet Dijual Harga Selangit

0
1046

TNews, KULINER – Sup sarang burung walet dianggap sebagai makanan mewah di Asia. Tak main-main, harga jualnya pun setinggi langit. Mengutip Insider, semangkuk sup sarang burung walet bisa berharga lebih dari US$100 atau sekitar Rp1,4 juta. Permintaan terus meningkat, namun jumlah burung liar sangat terbatas. Orang-orang di China telah mengonsumsi sup sarang burung walet selama lebih dari 1000 tahun. Sup ini diyakini memiliki manfaat kesehatan, mulai dari menyembuhkan kanker hingga membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi.

Bahan utama dari sup ini adalah sarang yang terbuat dari air liur burung. Burung walet akan membangun sarang dari air liur mereka tiga kali dalam setahun. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat sup burung walet sangat mahal. Sampai saat ini, cara paling umum untuk mendapatkan sarang burung walet adalah dengan memanennya dari alam. Cara ini dilakukan karena tingkat permintaan yang semakin tinggi.

Tingkat permintaan yang semakin tinggi itu membuat sarang burung walet menjadi sesuatu yang langka. Di beberapa daerah, burung walet tak dapat bersaing dengan tingkat panen, sehingga populasinya menurun drastis. Antara tahun 1957-1997, jumlah burung walet menurun drastis hingga 88 persen di beberapa bagian Asia Tenggara. Sebagian besar terjadi karena pemanenan yang berlebihan.

Proses pembentukan sarang burung walet juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Butuh waktu sekitar empat bulan hingga tekstur air liur menjadi keras dan sarang bisa diambil. Selama lebih dari 1.000 tahun, sarang burung walet, yang bahan utamanya berasal dari air liur burung atau ‘yan wo’ bagi orang China, dikenal dengan sifat afrosidiak dan kaya akan manfaat kesehatan. Meski tak ada bukti ilmiah, tapi beberapa pengobatan tradisional China mengklaim manfaat kesehatan dari air liur burung walet.

Berikut mengutip Times of India.

  1. Sarang burung walet memiliki kandungan glikoprotein yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  2. Sarang buruk walet juga dikenal untuk peremajaan kulit.
  3. Kaya akan faktor pertumbuhan epidermal, zat ini bertanggung jawab untuk perbaikan kulit dan jaringan.
  4. Saat dikonsumsi dalam jumlah sedang, bentuk protein dan nutrisinya dapat membantu pemulihan dari penyakit kronis.
  5. Sarang burung walet juga dapat membantu meringankan penyakit pernapasan seperti asma dan batuk kronis. Secara tradisional, sarang burung walet digunakan untuk membersihkan dahak, meredakan batuk kering, dan menghilangkan kelelahan.
  6. Sarang burung walet juga digunakan untuk menambah nafsu makan, memperlancar pencernaan, dan merangsang buang air besar.

 

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.