Ini Cara Masak Telur Paling Sehat Menurut Ahli Gizi

0
53
Telur Orak Arik. Foto (detik.com)

Telur adalah sumber protein berkualitas yang mudah didapat, namun tak boleh diolah sembarangan agar nutrisi telur terjaga. Ahli gizi mengungkap cara masak telur paling sehat yang bisa kamu contek.

Jadi bahan makanan sehari-hari, telur disukai karena rasanya enak dan mengolahnya relatif mudah. Siapapun sepertinya bisa masak telur dan menikmatinya dengan lahap.

Dari sekian banyak teknik mengolah telur, ternyata tak semuanya ideal dari sisi kesehatan. Beberapa cara masak bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan nutrisi penting di dalamnya.

peneliti dan pakar kesehatan mengungkap bagaimana cara masak telur mempengaruhi nutrisinya. Mereka sepakat bahwa telur perlu dimasak agar tubuh bisa menyerap nutrisinya dengan maksimal.

Proses masak telur juga bisa bantu menurunkan risiko seseorang terpapar bakteri seperti salmonella yang berbahaya. Hanya saja memasak telur dengan panas terlalu tinggi disebut bakal merusak kolesterol baik di dalamnya.

Penelitian tahun 2018 yang dimuat dalam jurnal Trends in Endocrinology and Metabolism mengungkap kolesterol yang rusak itu bisa membuatnya teroksidasi menjadi oksisterol, yang dikaitkan dengan risiko kanker.

Lantas bagaimana cara masak telur paling sehat? Ahli gizi Anya Rosen bilang poached egg adalah jawabannya. Proses ini memungkinkan telur dimasak dan terpapar panas, namun nutrisinya tetap terjaga.

“Poached egg dimasak dalam air mendidih selama beberapa menit, cukup lama untuk memasak putihnya sambil meninggalkan kuning telur yang sedikit berair,” jelas Rosen. Ia bilang metode masak dengan api kecil dan lama ini terbilang ideal.

ada beberapa cara masak telur yang terbilang lebih baik dari yang lainnya. Berikut daftarnya:

  1. Telur orak-arik

Telur orak-arik diolah dengan api kecil yang bisa bantu mempertahankan nutrisinya. Namun pastikan menggunakan minyak sehat untuk membuat telur ini karena jika terlalu banyak pakai mentega atau minyak, bakal menambah nilai kalori dan lemaknya.

  1. Telur rebus

Setiap orang punya preferensi waktu masak telur rebus yang ideal, tapi umumnya berkisar antara 6 menit hingga 12 menit. Cara masak ini juga terbilang sehat karena tidak melibatkan minyak.

Hal yang disarankan adalah merebus telur sampai kuningnya matang sempurna untuk menghindari risiko terpapar Salmonella. Hanya saja, proses merebus telur bisa menghilangkan kandungan antioksidan dan vitamin A.

  1. Telur panggang

Baked egg atau telur panggang bisa disajikan dengan kuning telur basah ataupun sudah matang sempurna, tergantung preferensi. Waktu masaknya sekitar 10-12 menit.

Olahan telur ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan sehat bersama aneka sayuran. Cara masaknya yang cenderung lambat dan dengan panas rendah membuat kandungan nutrisi telur cukup terjaga dan mudah diserap tubuh nantinya.

  1. Telur dadar

Cara masak telur yang juga sehat adalah telur dadar atau omelet. Agar makin bernutrisi, kamu bisa menambahkan ragam sayuran favorit sebagai isinya. Pastikan tidak menggunakan api terlalu panas dan besar saat memasaknya.

 

Sumber : detik

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.