Ini Garam Termahal di Dunia, Harganya Rp1,4 Juta per 250 Gram

0
36
Ilustrasi Garam

TNews, KULINER – Garam bambu Korea dinobatkan jadi garam termahal di dunia. Apa bedanya dengan garam lainnya?

Garam memang punya banyak varian, salah satu yang paling populer beberapa waktu lalu adalah pink Himalayan salt. Garam Himalaya Pink adalah salah satu jenis garam yang harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan garam dapur biasa.

Namun harga garam ini nyatanya tak lebih mahal dari garam bambu Korea. Garam bambu Korea adalah garam termahal dunia

Mengutip berbagai sumber, garam bambu Korea dihargai sekitar US$100 USD per 250 gram atau sekitar Rp1,436 juta per 250 gram.

Apa yang buat harganya begitu mahal?

Salah satu faktor yang buat harganya mahal adalah soal proses pembuatannya. Sebenarnya pembuatan garam tidaklah mudah, namun garam bambu Korea punya proses yang lebih rumit dan panjang.

Sejak zaman kuno, orang Korea telah menggunakan garam bambu untuk memasak dan sebagai obat tradisional.Garam dibuat dengan menempatkan garam laut biasa di dalam bambu dan mengeringkannya pada suhu tinggi.

Garam Korea dibuat dengan mengisi silinder bambu dengan garam laut. Tabung bambu berisi garam ini kemudian ditutupi dengan tanah liat Loess dan memanggangnya. sembilan kali dalam tungku tradisional. Suhu yang dibutuhkan untuk memanggang adalah 800 derajat Celcius, sesuai titik leleh garam.

Proses pemanggangan sebanyak sembilan kali ini bertujuan untuk memasukkan banyak mineral dalam bambu ke garam. Selain itu proses ini juga bertujuan untuk menyaring lebih banyak kotoran. Hal inilah yang membuat garam bambu korea selain jadi garam termahal dunia juga jadi garam paling murni di dunia.

Proses pembuatan garam ini memakan waktu yang lama. Mereka butuh setidaknya satu bulan penuh untuk menyelesaikannya.

Setiap proses pembuatan garam termahal di dunia ini dibuat dengan tangan. Sebagai hasil akhirnya, garam akan berwarna sedikit kecokelatan dan berbutir kasar

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.