Ini Hukum Makan Kepiting

0
295
(foto google)

TNews, KULINER – Makan seafood yang segar memang lezat, termasuk kepiting. Tetapi untuk Muslim perlu juga mencermati hukum makan kepiting yang telah dijelaskan dalam mazhab ulama berikut.

Konsumsi makanan memiliki aturannya sendiri dalam ajaran agama Islam. Selain daging babi, hewan yang hidup di dua alam juga difatwakan sebagai makanan haram dan dilarang untuk dikonsumsi oleh Muslim.

Salah satunya adalah kepiting yang masih menuai kontroversi apakah halal atau haram? Perbedaan mazhab ulama seringkali membuat banyak orang bingung apakah suatu bahan makanan diperbolehkan atau tidak.

Bertanya dan belajar lebih dalam kepada ahli agama yang lebih mengerti memang diperlukan agar tidak timbul kerancuan. Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menjawab pertanyaan seorang jamaah yang juga kebingungan dengan hukum makan kepiting dalam Islam.

Dalam YouTube Al-Bahjah TV mengenai tafsir Al-Qur’an (18/9), pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah ini menjelaskan fatwa

makan kepiting yang didasarkan pada empat mazhab ulama yang berbeda. Hukum makan kepiting juga diungkapkan oleh Buya Yahya bergantung pada jenis kepiting yang dikonsumsi.

“Pada hakekatnya ulama melihat satu syarat. Yaitu kepiting yang hidup di darat, maka fatwa dari Imam Syafi’i mengatakan itu haram,” kata Buya Yahya.

Sedangkan kepiting memiliki dua jenis yang berbeda. Kepiting laut dikatakan oleh Buya Yahya menjadi jenis kepiting yang halal.

“Selagi dia hanya berjalan-jalan sebentar ke darat dan kembali ke laut, maka jenis kepiting tersebut halal untuk dimakan,” kata Buya Yahya.

Sedangkan menurut mazhab Imam Malik, segala sesuatu yang hidup di laut makanya hukumnya halal untuk dimakan. Termasuk juga makan kepiting yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di dalam laut.

Namun hukum yang berbeda terdapat pada mazhab Hanafi. Imam Hanafi mengatakan bahwa hewan laut yang halal dimakan hanyalah ikan. Kepiting dikatakan sebagai hewan yang haram untuk dikonsumsi umat Muslim.

Menurut Buya Yahya, kebanyakan kepiting yang dijajakan juga berasal dari kepiting laut. Sehingga hukum mengonsumsi kepiting bagi umat Muslim diperbolehkan atau dihalalkan.

 

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.