Ini Jenis-Jenis Pisang Lokal Yang Punya Tekstur Unik

0
149
Ilustrasi Pisang. Foto (liputan6)

TNews, KULINER – Indonesia memiliki berbagai jenis pisang. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Lantas pisang mana yang bisa dimakan langsung dan tidak?

Tengah ramai di Twitter seorang netizen melalui cuitan @tanyakanrl menanyakan tentang jenis-jenis pisang. Dalam unggahannya ia mengatakan ingin membeli pisang, tapi tidak tahu jenisnya.

“Guys bantuin aku huhu aku gak tau jenis-jenis pisang. Kalau mau pisang yang enak dan bisa dimakan tanpa diolah itu pisang apa ya namanya?,” tulisnya (09/11/22).

Cuitan itu pun ramai dikomentari netizen yang merekomendasikan jenis pisang tertentu. Indonesia sendiri memang memiliki banyak jenis pisang di setiap daerahnya.

Tak semua jenis pisang itu enak dimakan langsung, melainkan cocok untuk diolah jadi makanan lain. Supaya tak salah beli, berikut jenis-jenis pisang dan karakteristiknya.

  1. Pisang Raja

Pisang raja dikenal dengan bentuknya yang panjang dan sedikit melengkung. Kulit pisang jenis ini juga tebal warna kuning agak oranye. Teksturnya empuk dengan rasa legit dan harum aromanya.

Pisang raja mengandung vitamin C, A, niacin, kalium, magnesium, folat dan zat besi. Selain itu, juga ada kandungan mineral dan vitamin bagus untuk mengurangi risiko batu ginjal hingga menyembuhkan maag.

  1. Pisang Ambon

Pisang ambon memiliki daging berwarna putih kekuningan. Rasanya manis dan harum. Pisang ambon mengandung asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Ini bisa membantu perkembangan otak bayi.

Jenis pisang ini juga bisa diolah menjadi berbagai olahan, seperti keripik pisang, pancake pisang atau aneka kue pisang lainnya.

  1. Pisang Mas

Pisang mas dikenal dengan bentuknya yang kecil dan berbentuk silinder. Bentuknya lebih kecil dari jenis pisang lainnya dengan ujung berwarna sedikit kehijauan dan kulitnya tipis.

Daging buahnya manis, sedikit kesat dan sepat. Pisang ini memiliki kandungan berupa mineral kalium dan sodium yang rendah, sehingga bisa mengurangi risiko penyakit stroke.

 

Sumber : detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.