Ini Kembang Tahu Viral yang Jadi Langganan Milenial

0
338

TNews, KULINER – Kuliner tradisional kembang tahu ternyata diminati anak-anak muda. Di Jakarta Selatan ada gerai kembang tahu viral dengan varian yang lebih kekinian. Kembang tahu merupakan kuliner tradisional yang mendapat pengaruh dari China. Di Indonesia, kembang tahu disebut juga wedang tahu. Kembang tahu tersebut terbuat dari kacang kedelai yang direndam. Kemudian, kacang kedelai tersebut digiling halus, diperas untuk mendapatkan susu. Lalu ditambahkan gipsum agar teksturnya menjadi padat, tetapi tetap lembut mirip puding. Di Indonesia kembang tahu disajikan dengan kuah jahe atau wedang jahe.

Biasanya wedang jahe ditawarkan oleh pedagang gerobakan keliling. Namun sayangnya, penampakan tersebut jarang terlihat lagi. Bahkan sepertinya kuliner tersebut sempat menghilang karena kurang peminat. Namun kini, kembang tahu kembali viral bahkan digemari anak-anak milenial. Berawal dari gerai bernama Kembang Tahu Naomi yang diprakarsai oleh Heri Oktavianus sejak empat tahun lalu. Gerai pertamanya berada di Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Gerainya tak jauh berbeda dengan pedagang keliling. Berupa gerobak kecil yang dilengkapi dengan payung. Bedanya, Kembang Tahu Naomi ini mangkal di pinggir-pinggir jalan.

Tak main-main, Kembang Tahu Naomi tersebut memiliki banyak mitra yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya ada di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tepatnya di seberang apotek Kimia Farma. Pemilik gerai tersebut adalah Imam yang baru memulai bisnis kembang tahu pada 2020 lalu. Meski baru memulai, tetapi ia mengaku sudah banyak mendapat pelanggan. Bahkan artis Dewi Persik menjadi langganan di sana. “Mayoritas yang beli di sini anak-anak muda. Tapi ada juga sih ibu-ibu dan bapak-bapak. Dewi Persik juga langganan di sini. Dia sering beli buat di acaranya,” ujar Imam (25/05). Lebih lanjut, Imam juga menjelaskan bahwa Kembang Tahu Naomi selain menawarkan varian original juga terdapat varian yang kekinian.

Misalnya dengan menambahkan pilihan topping ke dalam racikan kembang tahunya. “Kalau di sini juga ada yang dimodernisasi. Ada toppingnya susu, madu, kacang tanah, kacang mete dan keju,” ujar Imam. Kembang Tahu Naomi sendiri menggunakan kacang kedelai pilihan. Tekstur kembang tahunya lembut. Sementara untuk kuahnya terbuat dari jahe, gula aren dan gula pasir. Rasa dan aroma jahenya terasa kuat. “Yang membedakan itu sebenarnya dari kuahnya. Biasanya banyak campuran, kalau ini kuahnya jahe, gula aren, gula pasir gak ada tambahan lain,” jelas Imam. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 24.000 tergantung jenis topping yang dipilih. Selain kemang tahu, juga tersedia minuman hangat lainnya seperti jahe murni, susu jahe merah, kopi jahe dan lainnya.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.