Ini Makanan Yang Bikin Sperma Lebih Lincah

0
132
ilustrasi

TNews, KULINER – Bukan hanya konsistensi dan jumlah sperma saja, daya tahan sperma juga dibutuhkan agar berhasil membuahi sel telur. Ada tujuh makanan yang bisa bikin sperma jadi lincah dan tokcer.

Kualitas sel sperma juga dilihat dari kelincahannya menuju sel telur. Sel sperma yang akan berhasil masuk ke dalam sel telur adalah sperma yang berenang dengan lincah setelah ejakulasi.

Pada beberapa kasus ketidaksuburan pria, sebagian disebabkan oleh sperma yang tidak gesit dan gagal mencapai sel telur. Tidak hanya produksinya yang melimpah saja tetapi kegesitan sel sperma juga bisa ditingkatkan melalui asupan yang tepat.

Makan-makanan yang mengandung nutrisi tepat untuk membantu sperma menjadi lebih gesit jauh lebih disarankan dibandingkan menggunakan pengobatan medis untuk mengatasinya. Setidaknya ada tujuh jenis bahan makanan yang wajib dikonsumsi jika bapak-bapak ingin spermanya jadi lebih gesit.

Berikut ini 7 makanan yang mampu bikin sperma jadi lebih lincah

  1. Daging sapi

Walaupun dinilai memiliki kadar lemak yang tinggi, tetapi daging sapi juga menyimpan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesuburan pria dalam kadar yang baik. Beberapa nutrisi diantaranya adalah zinc, selenium hingga vitamin B12.

Daftar nutrisi yang terkandung dalam daging sapi ini sangat dibutuhkan untuk produksi sel sperma di dalam tubuh pria. Bukan hanya kuantitasnya tetapi juga kualitas kesehatan sperma untuk membuatnya menjadi lebih lincah dan tokcer.

  1. Hati hewan

Bagian jeroan atau organ hewan yang satu ini dinilai memiliki banyak manfaat sehat yang dapat diberikan tubuh. Salah satu yang paling terkenal adalah dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Ternyata hati hewan mengandung nutrisi berupa vitamin A, vitamin B12 dan folat yang sangat baik bagi kesehatan sperma pria dewasa. Menurut sebuah penelitian, vitamin A ini memang penting kehadirannya untuk meningkatkan kesehatan sperma agar lebih lincah.

  1. Ikan

Beberapa ikan diungkapkan memiliki kandungan asam lemak yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang dibutuhkan bagi otak, kesehatan secara menyeluruh, hingga kesuburan organ reproduksi.

Ikan sarden dan salmon menjadi jenis ikan yang paling sering direkomendasikan untuk memenuhi asupan omega 3. Perlu diketahui bahwa para ahli telah membuktikan kehadiran omega 3 yang penting untuk membuat sperma menjadi lebih banyak produksinya dan lincah saat menembus sel telur.

  1. Tiram

Hewan asal laut yang paling enak disantap selagi segar ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu padat. Setidaknya tiram mengandung zinc, vitamin B12, vitamin D dan selenium yang kadarnya sangat baik.

Konsumsi tiram bahkan bisa mencukupi 5x lipat kebutuhan zinc harian yang direkomendasikan. Kombinasi antara nutrisi yang ada pada tiram ini diakui ahli tokcer untuk meningkatkan kekuatan dan kelincahan sperma untuk membuahi sel telur.

  1. Tomat

Warna buah tomat yang merah segar ternyata juga memiliki manfaat yang baik secerah warnanya. Warna merah pada tomat ini terbentuk akibat kandungan likopen yang tinggi di dalamnya.

Nutrisi berupa likopen dan vitamin C yang baik d alam tomat menjadi komponen antioksidan yang baik untuk memberikan efek positif pada kesuburan pria dewasa. Pada suatu penelitian bahkan ditemukan pria yang rutin konsumsi likopen 4 miligram sehari memiliki sperma yang lebih lincah dan kuat hingga 25%.

  1. Walnut

Termasuk jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, walnut bahkan masuk ke dalam daftar alternatif camilan sehat yang disarankan oleh pakar gizi. Hal ini lantaran walnut mengandung nutrisi yang tinggi dan padat dengan ukurannya yang kecil.

Walnut mengandung nutrisi berupa omega 3, folat, vitamin B6, zinc dan banyak antioksidan. Kehadiran dua jenis vitamin B dalam kacang walnut ini diakui menjadi alasan walnut sangat baik untuk meningkatkan kelincahan sel sperma.

  1. Bawang putih

Sudah sejak lama, bawang putih dinilai menjadi bumbu dapur yang tinggi khasiatnya. Bukan hanya untuk memberikan rasa tetapi juga memberikan manfaat kesehatan untuk berbagai organ di dalam tubuh.

Pada bawang putih terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin C, vitamin B6 hingga selenium yang kadarnya sangat tinggi. Selain itu komponen antioksidan yang ada pada bawang putih juga membuatnya baik untuk meningkatkan kadar hormon testosteron dan kesehatan sel sperma yang lincah dan tokcer pada pria dewasa.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.