Ini Makanan Yang Bisa Buat Jantung Sehat Anjuran Para Ahli

0
63
Ilustrasi

TNews, KULINER – Sebagai organ terpenting dalam tubuh, jantung harus selalu dijaga kesehatannya. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari sayuran hingga ikan.

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Karena jantung memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan dari paru-paru.

Jantung juga berperan dalam menyediakan dan mengalirkan oksigen darah ke seluruh tubuh. Itu mengapa kesehatan jantung sangat penting bagi manusia.

Jika kesehatan jantung terganggu dapat menyebabkan beragam penyakit kronis. Seperti gagal jantung, stroke, hingga kematian. Oleh karenanya perbaiki pola hidup menjadi lebih sehat.

salah satu cara yang paling mudah melalui konsumsi makanan sehat. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi sayuran hijau berdaun, ikan dengan kandungan lemak sehat, hingga mengganti minyak dengan pilihan lebih sehat.

AHA menjelaskan bahwa rekomendasi pola makan ini tak hanya menyehatkan jantung, juga masalah kesehatan lainnya. Seperti menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah.

Berikut 6 makanan yang baik untuk kesehatan jantung menurut AHA.

  1. Sayuran Berdaun

Sayuran ada banyak ragamnya, ada yang berdaun maupun tidak. AHA menyebutkan kalau sayuran berdaun paling sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Pilih sayuran berdaun hijau dengan warna yang pekat. Seperti bayam, kale,dan lainnya. Karena lebih banyak mengandung nutrisi penting. Sayuran tak berdaun seperti brokoli juga baik dikonsumsi karena warnanya yang hijau pekat.

  1. Buah Berwarna Gelap

Tak hanya sayuran berwarna gelap (berdaun) saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi. AHA juga menyebutkan buah berwarna gelap dapat menyehatkan jantung.

Di antaranya seperti buah delima, stroberi, blueberry, dan lainnya. Konsumsi buah-buah ini dalam kondisi segar agar manfaatnya terasa optimal.

  1. Ikan

Makanan rendah lemak jahat (lemak trans) sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Salah satunya adalah ikan yang diketahui mengandung lemak sehat berupa asam lemak omega-3.

AHA menganjurkan kalau sebaiknya ikan dikonsumsi minimal 2 kali dalam seminggu. Selain menyehatkan jantung, mengonsumsi ikan dengan kandungan lemak sehat juga dapat menurunkan risiko stroke.

  1. Produk Susu Rendah Lemak

Sampai saat ini perdebatan antara mengonsumsi susu tinggi lemak dan rendah lemak masih sering terdenga. Di samping perdebatan itu, AHA merekomendasikan untuk mengonsumsi produk susu rendah lemak untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kamu bisa mengonsumsi susu dan yogurt rendah lemak saat sarapan. Untuk yogurt, kamu bisa menambahkan aneka buah segar dan kacang-kacangan untuk pilihan lebih sehat.

  1. Daging Dada Ayam

Siapa bilang makanan sehat memiliki rasa yang tak enak? AHA justru merekomendasikan untuk mengonsumsi daging ayam. Tentu saja harus menggunakan jenis dada ayam yang kandungan lemaknya rendah.

Tak boleh sembarangan, kamu harus mengolah daging ayam itu sendiri. Agar kandungan lemak tak melonjak, jangan digoreng dan menggunakan garam yang berlebihan. Kamu bisa mengukus, memanggang, atau menjadikan sup.

  1. Minyak Nabati

Agar jantung lebih sehat, kamu harus meninggalkan minyak goreng yang mengandung lemak trans tinggi. Mulai sekarang pakailah minyak nabati.

Minyak nabati ini merujuk pada minyak goreng yang dihasilkan dari tumbuhan. Seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan lainnya. Hindari pemakaian minyak berbahan tumbuhan tropis, seperti minyak kelapa dan minyak palem.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.