Ini Racikan Teh Herbal Yang Bisa Atasi Kelelahan

  • Whatsapp
ilustrasi

TNews, KULINER – Tiap jenis teh memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Beberapa racikan teh bahkan bisa dibuat sendiri di rumah untuk mendapatkan khasiatnya secara alami.

Teh merupakan racikan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki khasiat yang bergantung pada jenisnya. Khasiat dari seduhan teh tersebut datang dari penggunaan bahan dan kandungan komponen di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya menggunakan bahan-bahan tertentu yang sulit didapatkan, beberapa racikan teh bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Cukup menggunakan bumbu dan rempah yang ada di rumah, beberapa jenis teh bisa memberikan hasil yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bumbu dapur sekalipun dapat diracik menjadi bahan tambahan untuk membuat segelas teh lebih berkhasiat. Seperti tujuh racikan teh berikut ini yang bisa dengan mudah diracik di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan di dapur-dapur rumahan.

Berikut ini 7 racikan teh yang bisa dibuat di rumah menurut Wanderlust:

  1. Teh Hijau, Jahe, dan Kayumanis

Racikan yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Teh hijau memiliki kandungan kafein yang secara alami dapat membantu memproduksi energi dengan pelepasan energi yang lambat dan tidak memberikan lonjakan yang terlalu mengejutkan.

Sedangkan kunyit memiliki manfaat antioksidan yang baik untuk menyegarkan tubuh. Ditambah dengan jahe yang dapat mengatasi fungsi kognitif dan kelelahan yang terjadi pada otak. Ketika dicampurkan bersamaan, ketiganya akan menghasilkan manfaat yang sangat baik untuk mengatasi kelelahan.

  1. Ketumbar dan Adas

Racikan ketumbar dan adas ini bermanfaat untuk membuat tubuh siap kembali beraktivitas. Ketumbar dan adas memiliki manfaat yang sangat baik, salah satunya adalah menyegarkan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Sering digunakan sebagai bahan pelengkap dan bumbu dalam masakan, ketumbar dan adas bisa juga diracik dan diseduh menjadi secangkir teh. Racikan teh ini juga diakui dapat mengatasi inflamasi hingga sembelit.

  1. Matcha

Bubuk matcha kini bisa ditemukan dimana-mana. Supermarket hingga minimarket terdekat sudah menjual bubuk matcha yang bisa diseduh sendiri di rumah. Matcha juga bisa ditambahkan beberapa bahan untuk menambah kelezatan rasanya, seperti susu maupun yang lainnya.

Matcha dikenal dengan efeknya untuk menenangkan sekaligus membangkitkan produksi energi di dalam tubuh. Racikan teh matcha ini juga dinilai cukup efektif untuk menggantikan konsumsi kopi. Minum matcha dikaitkan oleh para ahli dapat membantu menyegarkan tubuh dan mengisi kembali energi di dalam tubuh.

  1. Jahe, Kunyit, adan Lengkuas

Saat musim pancaroba maupun penyakit yang banyak menjangkit, racikan teh yang terbuat dari seduhan jahe, kunyit dan lengkuas menjadi yang paling cocok untuk dikonsumsi. Bahkan racikan teh yang satu ini juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan bepergian jarak jauh.

Jahe dan lengkuas diketahui mengandung vitamin C dan asam amino yang baik untuk membantu tubuh menyerap nutrisi. Sedangkan kunyit memperkuat imunitas tubuh melalui kandungan antiinflmasi yang ada di dalamnya.

  1. Kunyit dan Akar Manis

Bukan hanya menggunakan olesan produk perawatan kulit yang rutin. Mengelola asupan dan memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh juga menjadi syarat untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat. Melalui racikan teh dari seduhan kunyit dan akar manis, manfaat kesehatan kulit bisa didapatkan.

Kunyit memiliki manfaatantiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan pada permukaan terluar kulit. Racikan teh ini juga bisa membantu mengendalikan hormon adrenalin terutama saat stres sehingga tidak mengganggu kesehatan organ tubuhterlebar pada manusia yaitu kulit.

  1. Teh Chamomile dan Buah Bit

Untuk wanita, racikan teh dari tiga bahan ini sangat baik untuk mengatasi keluhan kesehatan terutama gangguan saat menstruasi. Teh chamomile yang ditambahkan buah bit sangat bermanfaat untuk mengatasi ketidaksimbangan hormon yang wajar terjadi pada tubuh perempuan yang tengah menstruasi.

Manfaat ini cenderung dihasilkan oleh kandungan yang ada di dalam buah bit. Buah bit diketahui mengandung vitamin A, C, kalsium, dan zat besi. Bahkan racikan teh chamomile dan buah bit ini juga dinilai baik untuk ibu hamil sebagai alternatif dari konsumsi kafein.

  1. Akar Manis, Kayu manis dan Bubuk Cokelat

Saat ingin makan makanan yang manis, ternyata ada cara lain yang lebih sehat untuk memenuhi ngidam tersebut. Racikan teh yang berasal dari akar manis, kayu manis dan cokelat dinilai dapat menggantikan kebutuhan tubuh akan asupan manis yang lebih rendah kalori.

Akar manis dan bubuk cokelat dikatakan lebih ampuh memenuhi ngidam tubuh akan makanan yang manis tanpa memberikan penumpukan kalori yang

berlebih. Selain itu adanya kayu manis yang menjadi pelengkap lainnya sangat baik untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah sehingga tidak menyebabkan lonjakan atau penurunan yang drastis.

 

Sumber : detik.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.