Khusus Sultan! Beras Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 1,5 Juta per Kg

0
325
(foto google)

TNews, KULINER – Bukan beras sembarangan. Beras Kinmemai Premium asal Jepang dinobatkan jadi beras termahal di dunia dengan kisaran harga yang mencapai jutaan rupiah per kilogramnya.

Fenomena harga nasi putih yang sangat mahal di beberapa restoran mewah di Indonesia hingga Singapura tengah ramai dibicarakan. Beras atau nasi memang menjadi makanan pokok atau makanan utama orang-orang Asia, terutama di daerah Asia Tenggara.

Tak heran jenis beras paling mahal di dunia pun munculnya di Jepang. Beras ini dikenal dengan nama Kinmemai Premium. Pada tahun 2016 lalu beras ini resmi dinobatkan sebagai beras termahal di dunia.

Ada banyak alasan serta faktor mengapa beras Kinmemai dijuluki sebagai beras sultan yang digemari kalangan atas.

  1. Beras Premium Asal Jepang

Bukan sekadar beras untuk dimasak sebagai nasi putih dan pelengkap lauk makan saja, jenis beras Kinmemai lebih dikenal karena kualitas berasnya yang sangat bagus. Tak heran kalau beras ini memiliki harga paling mahal di dunia.

Kinmemai merupakan jenis beras premium yang diproduksi oleh Toyo Rice Corporation. Sejak tahun 1991 perusahaan ini sudah fokus mengembangkan produksi beras berkualitas tinggi.

Tentunya karena jenis premium, beras Kinmemai memiliki keunggulan dibandingkan beras pada umumnya yang beredar di pasaran. Keunggulan itu ialah rasa beras yang pulen dan enak.

Beras Kinmemai juga memiliki kandungan rendah kalori, kaya akan nutrisi, dan juga serat. Nutrisi lainnya adalah mengandung vitamin B1, B6, E serta niacin dan asam folat dapat membantu tingkatkan kesehatan dan juga aman dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Beras Sehat yang Tidak Perlu Dibilas

Sebelum membicarakan berapa kisaran harga beras Kinmemai di pasaran, tentunya ada beberapa faktor lain mengapa beras ini memiliki kisaran harga yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan beras lainnya?

Dalam sesi presentasi pada acara peluncuran beras Kinmemai di Tokyo, Jepang tahun 2017 lalu, Toyo Rice Corporation menjelaskan bahwa beras Kinmemai menggunakan proses buffing.

Proses buffing ini menghilangkan banyak pati yang sering ditemukan dalam beras konvensional sehingga beras Kinmemai tak perlu dibilas untuk menghemat waktu memasak dan juga air. Berbeda dengan beras biasa yang perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak.

  1. Terdiri dari Lima Varietas Padi

Kinmemai premium diciptakan dengan campuran dari lima varietas padi yang merupakan pemenang penghargaan dari Prefektur Gunma, Gifu, Kumamoto, Nagano dan Niigata.

Menurut Toyo Rice Corporation selaku perusahaan yang memproduksi beras mahal ini, sebelum dijual, beras Kinmemai Premium akan disimpan dan ‘dimatangkan’ selama 6 bulan untuk meningkatkan tekstur dan juga rasanya.

Jika dibandingkan dengan beras Jepang biasa, Kinmemai Premium ini disebut lebih unggul dalam hal rasa, tingkat kemanisan, dan juga profil nilai gizinya.

  1. Beras Sekaligus Superfood

Superfood atau makanan sehat kaya nutrisi jadi incaran banyak orang yang peduli dengan pola makan dan gaya hidup mereka. Menurut Toyo Rice Corporation, Kinmemai Premium ini bisa dibilang sebagai ‘Superfood’ yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Karena beras ini diolah menggunakan teknik buffing, yang merupakan teknik pengolahan padi yang menghasilkan teknik pengolahan padi dengan tetap menjaga lapisan sub aleuron dan germ. Lapisan ini diklaim banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B1, B6, E, niacin dan asam folat.

  1. Beras Termahal di Dunia

Banyak yang penasaran berapa harga beras Kinmemai Premium. Beras yang satu ini tak hanya dipasarkan di Jepang saja, tapi juga dijual di beberapa wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia bahkan sampai Amerika dan Australia.

Untuk masalah harga, Kinmemai Premium dihargai sekitar USD 109 (Rp 1,5 juta) per kilogramnya. Tak heran, beras ini masuk ke dalam kategori beras paling mahal di dunia.

Bahkan karena harganya yang sangat mahal, Kinmemai Premium ini sampai terdaftar di buku Guinness World Records pada tahun 2016 lalu sebagai beras dengan harga paling mahal di dunia.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.