Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Cepat Punya Anak

0
9
ilustrasi

TNews, KULINER – Menjaga kesuburan penting fungsinya, terutama jika pasangan ingin punya anak. Tujuh makanan ini direkomendasikan oleh ahli untuk menjaga kesuburan pasutri.

Kesuburan organ reproduksi baik pada pria maupun wanita penting untuk selalu diperhatikan. Kesuburan organ reproduksi menjadi kunci utamanya bagi pasangan yang berencana untuk memiliki momongan.

Bukan hanya dengan berbagai perawatan secara medis, kesuburan pada pria maupun wanita juga bisa dijaga dan ditingkatkan secara alami. Konsumsi makanan yang mengandung gizi yang tepat menjadi kunci utama untuk menjaga kesuburan secara alami.

Terutama pada wanita, menjaga asupan makanan, tingkat stres hingga, gaya hidup yang sehat sangat berpengaruh pada kesuburan organ reproduksi terutama bagi mereka yang tengah berencana untuk memiliki keturunan. Para ahli menyarankan setidaknya tujuh jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan organ reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Berikut ini 7 makanan yang direkomendasikan untuk kesuburan menurut Laurel Fertility:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat dan protein sangat tinggi yang dapat membantu meningkatkan ovulasi. Kacang-kacang juga diakui sebagai sumber protein alternatif yang paling baik untuk menggantikan protein hewani terutama bagi vegetarian dan vegan.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa protein pada kacang-kacangan menunjukkan khasiatnya dapat menggantikan protein hewani secara baik. Memiliki kadar lemak yang rendah dengan sumber asam folat yang baik membuat komponen dari kacang-kacangan ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

  1. Biji Bunga Matahari

Di balik ukurannya yang kecil dan kerap dipandang sebelah mata, ternyata biji bunga matahari memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesuburan pria dan wanita dewasa. Pada pria, konsumsi biji bunga matahari dapat membantu menjaga kualitas sperma tanpa harus rumit mengubah pola makan besar-besaran.

Biji bunga matahari juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti zinc, asam folat, serta selenium yang sangat bermanfaat untuk kesuburan indung telur. Kandungan pada biji bunga matahari ini juga dikatakan dapat memperkuat sperma dan menurunkan kadar kematian sel sperma pada saat berenang menuju indung telur.

  1. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan seperti buah berry diketahui memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang sangat baik. Selain kandungan antioksidan dan vitamin C ini ternyata banyak buah-buahan yang juga mengandung asam folat yang cukup tinggi dan dibutuhkan untuk menjaga kesuburan organ reproduksi.

Buah-buahan seperti raspberry, blueberry, dan strawberry bahkan ditemukan mengandung antioksidan alami serta fitonutrien antiinflamasi yang keduanya dibutuhkan untuk menjaga kesuburan wanita dan pria. Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan juga menunjukkan bahwa buah-buahan mampu meningkatkan tingkat kesuburan pada wanita.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin K, potasium serta folat yang sangat baik. Kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk penyerapan vitamin, mengendalikan tekanan darah dan beragam khasiat lainnya.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang termasuk sebagai lemak sehat juga dapat memberikan asupan serat dan asam folat yang baik. Kandungan serat dan asam folat ini merupakan nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan pada tahap pertama kehamilan termasuk keberhasilan pembuahan ovum oleh sel sperma.

  1. Yogurt dan Keju

Makanan berlemak yang berasal dari produk olahan susu sapi dikatakan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Yogurt dan keju yang mengandung kalsium,probiotik serta vitamin D sangat membantu untuk meningkatkan ovulasi.

Kandungan protein yang terdapat pada jenis makanan ini bahkan dikatakan sangat mempengaruhi proses pembuahan yang dilakukan oleh sepasang suami istri. Protein dapat membantu meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan melalui siklus ovulasi yang lebih baik.

  1. Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan lemak sehat yang kaya akan protein dan omega-3. Kandungan ini sangat penting dan dibutuhkan untuk perkembangan janin selama kehamilan. Bukan hanya kesuburan wanita, pria juga bisa mendapatkan manfaat dari makan salmon melalui kadar vitamin D dan selenium yang terkandung di dalamnya.

Komponen vitamin D dan selenium ini sangat diperlukan untuk produksi kadar sperma pada laki-laki serta meningkatkan kesehatan secara umum. Tetapi sebaiknya pilih salmon liar agar kadar merkurinya lebih sedikit dan tidak berbahaya bagi kehamilan jika dikonsumsi.

  1. Kuning Telur

Sering dianggap tidak sehat karena kandungan kalori dan kolesterolnya, kuning telur sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang padat dan sangat diperlukan. Kuning telur mengandung vitamin B dan omega-3 esensial yang baik untuk kesuburan organ reproduksi.

Kuning telur juga memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah. Konsumsi kuning telur untuk mendapatkan nutrisinya ini juga dibutuhkan untuk menjaga perkembangan embrio yang mulai berkembang setelah pembuahan ovum oleh sel sperma.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.