Kuliner Khas Kotapinang Labusel Yang Wajib Kamu Nikmati

0
722
Kuliner khas Kotapinang, Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara

TNews,LABUSEL – Kota Pinang adalah kota kecamatan bagian dari wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Indonesia dan berbatasan langsung dengan Provinsi Riau.

Jarak kota ini lebih kurang 334 Km dari Medan ibukota Provinsi Sumatera Utara dan berjarak lebih kurang 309 Km dari Pekanbaru ibukota Provinsi Riau.

Kota ini memiliki berbagai hidangan kuliner khas yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana. Apa-apa saja? Berikut deretan kuliner khas Kotapinang, Labuhanbatu Selatan yang sangat menggiurkan.

1. Gulai Asam Ikan Baung
Gulai Asam Ikan Baung merupakan makanan khas Labuhanbatu Selatan, Kota Pinang, Sumatera Utara. Ikan Baung memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera makan dengan tekstur daging yang lembut juga memiliki cita rasa tinggi.

Bumbu gulai asam baung dibuat dari rempah alami yang segar dan kaya akan rasa, sehingga membuat orang ketagihan apabila sudah merasakan makanan ini. Perpaduan antara ikan baung segar dan rempah alami akan menghasilkan gulai asam baung dengan rasa yang sangat sulit dilupakan dan akan selalu teringat akan kenikmatannya.

Gulai asam baung salah satu makanan khas daerah Kotapinang, Labusel, Sumatera Utara

2. Holat Ikan Mas
Holat merupakan masakan khas yang bahan utamanya yaitu ikan mas bakar dengan perpaduan bumbu serta serutan kulit kayu balakka. Konon dahulu makanan ini merupakan makanan kebesaran raja-raja Tapanuli Selatan.

Holat ini memiliki rasa yang sangat khas. Perpaduan bumbu yang tidak biasa karena ditambahnya serutan kuliy kayu balakka menjadikan cita rasa makanan ini sulit dibandingkan dengan jenis makanan lain.

Selain rasa yang nikmat, gurih dan kelat kulit kayu balakka, holat ini juga banyak mengandung gizi konon juga berkhasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, seperti darah tinggi, asam urat, asam lambung, rematik, malaria dan penyakit- penyakit lainnya.

Ikan mas sholat berbahan dasar ikan mas panggang dengan paduan bumbu unik berupa serutan kulit kayu balakka

3. Lalapan Pakkat
Pakkat merupakan pucuk rotan muda. Pakkat banyak terdapat disekitar perladangan warga yang berada disepanjang sungai Barumun.

Pucuk rotan (Pakkat) yang begitu lunak ini dijadikan sebagai lalapan. Rasanya manis, sedikit pahit dan kelat . Pakkat ini diolah menjadi berbagai macam olahan lauk. Tetapi pada umumnya, pakkat hanya dibakar sampai daging dalamnya matang.

Dengan lalapan pakkat ini sangat membantu untuk meningkatkan selera makan. Jadi bagi kamu yang sedang menjalani diet, tidak dianjurkan mengkonsumsi lalapan pakkat bakar ini.

Pakkat berasal dari daging rotan muda. Diolah dengan cara dibakar sampai daging dalam menjadi empuk

4. Anyang Ayam
Kalau cerita menu ayam, mungkin pada umumnya kita sudah biasa dengan olahan daging ayam. Tetapi jenis makanan khas Kotapinang, Labusel yang satu ini masih banyak orang yang belum pernah mencicipinya.

Makanan khas ini berbahan dasar ayam panggang dengan paduan bumbu alami berupa kelapa sangrai, santan dan bumbu rajang lainnya membuat rasa makanan ini begitu nikmat, gurih dan segar.

Selain ayam, biasanya juga disediakan anyang pakis yang tidak kalah nikmatnya dan sangat membangkitkan selera makan dan sulit untuk melupakan cita rasanya yang sangat khas.

Ayam panggang dengan berbagai macam aneka bumbu dan santan kelapa menjadikannya bercita rasa tinggi

5. Gulai Ikan Sale Baung
Nah, kalau makanan khas yang satu ini mungkin sudah banyak yang pernah tau. Ikan sale merupakan ikan yang proses pembuatannya dengan teknik pengasapan. Gulai ikan sale khas Kotapinang, Labusel ini tentu berbeda dengan gulai ikan sale daerah lain.

Gulai ikan sale khas Labusel berbahan dasar ikan baung . Salah satu ciri gulai sale Labusel adalah kuahnya yang lebih kental dibanding gulai dari daerah lain. Perpaduan rasa gurih dari ikan baung asap dengan bumbu gulai kuning menghasilkan rasa yang sangat nikmat dan yang pastinya akan sulit dilupakan gurih dan khas tekstur lembut daging ikan baung.

Gulai sale ikan baung. Gulai kental berbahan dasar ikan baung yang telah melewati proses pengasapan

Jangan lupa, ikan sale baung banyak dijual dipinggir jalan sekitar jembatan Sungai Barumun yang dapat dijadikan oleh-oleh agar kamu bisa berbagi kenikmatan pada keluarga ataupun sanak famili.

Itulah beberapa jenis makanan khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kotapinang, Labuhanbatu Selatan. Dijamin kamu bakal ketagihan dan pengen kembali lagi ke kota Santun Berkata Bijak Berkarya.

Reporter : Ora Krishna Lubis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.