Makan Bawang Putih Bikin Langsing, Berikut Manfaat lainnya

0
57
ilustrasi

TNews, KULINER – Bawang putih bukan hanya bisa jadi bumbu masakan tapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi setiap hari, bawang putih ampuh menjaga stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh jadi langsing.

Bawang putih sudah sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai bumbu masak dan juga bahan pengobatan herbal. Jika ditelusuri sejarahnya, bawang putih bahkan sudah dijadikan obat herbal sejak 7.000 tahun lalu.

Tanaman umbi dengan aroma dan rasa khas ini terkenal sebagai obat masuk angin dan perut kembung. Tetapi di samping itu, bawang putih juga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah, membantu program diet dan bahkan membantu meningkatkan stamina seksual.

Bawang putih bisa dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Bisa dikonsumsi mentah, sebagai campuran salad ataupun ditambah dalam bumbu masakan.

berikut beberapa manfaat dari konsumsi bawang putih setiap hari:

  1. Meningkatkan stamina pria

Bawang putih dianggap sebagai salah satu afrodisiak karena khasiatnya meningkatkan stamina pria. Di balik aromanya yang kurang sedap saat dimakan mentah, tetapi bawang putih bisa diandalkan untuk urusan ranjang.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, seorang pria harus mengonsumsi 2 siung bawang putih sebelum melakukan aktivitas seksual. Konsumsi setidaknya 12 jam sebelum berhubungan seks.

Selain melancarkan peredaran darah, bawang putih juga membuat bau keringat pria dianggap harum oleh para wanita. Para ilmuwan mengaku sulit menjelaskan fenomena ini. Mungkin alasannya adalah sifat antimikroba pada bawang putih yang membuat bau keringat tercium menggoda.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih terbukti melindungi tubuh dari berbagai virus. Bahkan sejak ratusan tahun lalu bawang putih dijadikan obat herbal yang dikonsumsi saat musim dingin tiba. Konsumsi bawang putih secara rutin bukan hanya bisa mencegah infeksi virus yang menyebabkan flu tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin dan asam amino. Bawang putih juga mengandung allicin yakni senyawa organik yang membantu membunuh bakteri dan jamur dalam tubuh. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tambahkan bawang putih ke dalam makanan untuk membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan alami dalam bawang putih membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan arteri.

Berbagai keluhan seperti sakit kepala dan jantung berdebar yang disebabkan oleh darah tinggi akan reda hanya dengan konsumsi bawang putih. Untuk menyembuhkan hipertensi, seseorang harus makan 4 siung bawang putih setiap hari. Selain itu, bawang putih juga menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ dalam darah hingga 10-15%.

  1. Meningkatkan daya ingat

Sama seperti tubuh yang mengalami penuaan, memori dan daya ingat akan menurun seiring bertambahnya usia. Ingatan manusia tidak akan terus tajam, apalagi saat sudah lanjut usia. Antioksidan dalam bawang putih terbukti membantu menjaga tubuh dan pikiran tetap awet muda.

Bawang putih mengandung banyak komponen yang mencegah penuaan otak. Orang tua yang rutin mengonsumsi bawang putih terbukti mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, sementara bagi orang yang lebih muda dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan produktivitas otak.

  1. Membantu membuat langsing

Bawang putih membantu menjaga berat badan. Kandungan alami pada bawang putih membantu mencegah penambahan berat badan. Bawang putih juga memaksimalkan proses pembakaran kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi setidaknya dua butir bawang putih setiap hari. Bisa dijadikan campuran pada makanan atau dijadikan campuran pada teh. Kalau tahan dengan aroma dan rasanya, kamu bisa merebus bawang putih lalu konsumsi airnya setiap pagi hari.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.