Makan Jagung Bisa Turunkan Kolestrol dan Cegah Diabetes

0
297
(foto google)

TNews, KULINER – Jagung umum dikonsumsi di Indonesia, sebagian masyarakat menikmatinya sebagai makanan pokok. Diketahui kalau jagung menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Jagung merupakan bahan makanan yang juga dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh sebagian orang Indonesia. Tak hanya direbus, tapi jagung juga enak diolah bersama sayuran ataupun dibakar.

Jenis jagung yang paling enak dikonsumsi adalah jagung manis. Karena, rasanya manis dan juga mengandung air yang cukup banyak.

Tak hanya nikmat, jagung juga sangat menyehatkan.jagung menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kalau rutin dikonsumsi.

Berikut 5 manfaat jagung untuk kesehatan tubuh.

  1. Turunkan Kolesterol

Saat sedang mengalami kolesterol tinggi, tubuh dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena ditakutkan dapat membuat kondisinya semakin parah, seperti meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Koleterol tinggi dapat diatur dengan pola hidup sehat. Seperti rutin berolahrag dan didukung mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Berupa sayuran dan buah-buahan yang tak mengandung lemak jahat.

Jagung juga disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi jagung langsung atau berupa minyak jagung. Hal ini sudh dibuktikn dalam penelitian tahun 2018 di The Journal of Nutrition.

  1. Turunkan Risiko Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yng menyeramkan. Karena, kalau tidak cepat diatsi bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, penderita diabetes harus menjaga pola makannya.

Mereka tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi juga harus dihindari. Banyak penderita diabetes yang beralih mengonsumsi jagung.

Di Indonesia, para penderita diabetes banyak yang mengonsumsi nasi jagung. Rasanya tak kalah nikmat dan bisa ditambahkan aneka lauk serta sayuran yang nikmat.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh PLOS One juga ditemukan kalau jagung berwarna ungu bisa mencegh diabetes dan komplikasi terkaitnya. Disebutkan kalau pigmen antosianin dalam jagung ungu dikaitkan dengan meningkatny penyerapan glukosn peningkatan sekresi insulin.

  1. Melancarkan Pencernaan

Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Karena, dengan lancarnya sistem perncernaan maka proses metabolisme tubuh juga berjalan lancar.

Ternyata jagung menjadi salah satu makanan yang dapat menyehatkan pencernaan. Pada sebuah penelitian yang dipublikasi The Journal of Nutrition pada tahun 2013 ditemukan bahwa mengonsumsi jagung dapat memperlancar pencernaan.

Karena di dalam jagung mengandung serat yang tinggi. Jadi cobalah mengonsumsi jagung saat merasakan sembelit, karen itu akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

  1. Meningkatkan Bakteri Usus

Bakteri usus sangat berperan penting untuk menjaga kesehtan saluran pencernaan. Tak hanya itu, bakteri usus juga dapat menyehatkan seluruh tubuh. Karena, sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh manusia terletak di dalam usus.

Tak perlu bingung untuk meningkatkan bakteri usus, karena dapat diatasi dnegan mengonsumsi jagung secara rutin. Hal ini dijelaskan dalam studi tahun 2016 yang diterbitkan PLOS One yang menemukan bahwa serat jagung memiliki efek prebiotik. Di mana dapt meningkatkan jumlah bifidobacteria yang bermanfaat dalam saluran pencernaan.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.