Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

0
727

TNews, KULINER – Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Hussein Obama begitu hapal dan fasih melafalkan nama masakan khas Indonesia. Seperti tempe, bakso, sate hingga nasi goreng.

Padahal dia hanya beberapa tahun saja tinggal di Menteng, Jakarta Pusat. Suami Michael Obama itu juga sudah lebih dari 4 dasa warsa meninggalkan Indonesia. Toh dia ternyata tak lupa dengan masakan khas Indonesia.

Indonesia memang memiliki aneka ragam kekayaan kuliner. Termasuk rempah dan bumbu-bumbu masakan. Banyaknya budaya yang ada menambah variasi jenis makanan. Tak jarang ditemui ada olahan bahan makanan yang sama tetapi tampilan dan rasa yang berbeda dan unik.

Selain oleh Obama, makanan khas Indonesia seperti rendang, sate ayam hingga gado-gado sering diperkenalkan dalam acara atau festival makanan di luar negeri. Bahkan beberapa menu ini jadi salah satu jagoan menu favorit di restoran Indonesia luar negeri.

Berikut ini beberapa makanan khas Indonesia yang mendunia, kamu pasti suka:

  1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang paling populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga mancanegara. Rendang juga beberapa kali dinobatkan oleh CNN Go’s sebagai makanan terenak di dunia.

Rendang asli Indonesia ini tentu berbeda dengan rendang Malaysia. Rendang Indonesia khas Minang memiliki tampilan yang kehitaman dan kering. Dalam proses pembuatannya, rendang Minang diolah dengan daging sapi dan santan serta bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun kunyit, cabe merah hingga daun jeruk.

Dimasak sekitar 7 jam sehingga menghasilkan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging dan bumbu yang kaya rasa.

  1. Sate Ayam

Sate ayam di Indonesia cukup beragam. Namun sate ayam yang lebih populer adalah yang bergaya Madura. Hampir di setiap restoran di luar negeri yang menyajikan hidangan Indonesia memiliki menu sate ayam.

Potongan daging ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu-bumbu kemudian dibakar. Lalu disajikan bersama dengan sambal kacang dan lontong yang lembut tetapi padat. Hmm, enak!

  1. Gado-gado

Makanan Indonesia yang mendunia lainnya ada gado-gado. Sajian ini sebenarnya sama seperti salad karena berbahan dasar sayur sayuran. Hanya saja di Indonesia sayuran yang dibuat untuk gado-gado terdiri dari bayam, labu siam, kentang, tempe, tahu hingga telur.

Semua sayurannya direbus dan disajikan bersama dengan bumbu kacang.

  1. Soto Ayam

Soto ayam memang memiliki kuah yang segar. Umumnya kuah soto ayam yang gurih dibuat dari rebusan ayam kampung dengan ditambah beberapa bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, merica, serai hingga garam.

Makin enak dinikmati bersama dengan nasi atau lontong. Jangan lupa disantap dengan sambal, kucuran air jeruk nipis dan bawang goreng.

  1. Bakwan

Selain rendang, makanan Indonesia yang terkenal dan mendunia adalah bakwan. Di Indonesia bakwan biasanya dibandrol dengan harga Rp 1.000 rupiah. Akan tetapi pria asal Indonesia yang membuka warung kaki lima di New York dalam festival kuliner tahun lalu membanderol seporsi bakwan dengan harga US$ 5 atau sekitar Rp 70 ribu.

Banyak pengunjung yang mencicipi bakwannya dan ternyata rasanya enak. Di warung Jancook yang ia miliki selain bakwan ternyata juga menjual sate lilit hingga tahu gejrot yang membuat banyak orang bule penasaran.

  1. Bakso

Masih ingat? Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah bercerita tentang kedekatannya dengan Indonesia dan Jakarta. Obama pun pernah mengatakan, “Ke mana pun saya pergi, orang-orang pasti seperti ini, ‘Wei, sate Obama. Bakso, tempe, nasi goreng, Pak’,” ucap Obama.

Bakso memang menjadi makanan favorit dan sangat populer di Indonesia. Baik resto maupun pedagang kaki lima banyak yang menjual bakso. Terbuat dari campuran tepung dan daging sapi, bakso dengan siraman kuah gurih memang cocok disantap dengan mie dan sambal. Hal ini pun membuat banyak orang asing penasaran bagaimana rasa bakso yang ada di Indonesia.

  1. Nasi Goreng

Membuat nasi goreng memang sangat mudah. Tetapi banyak orang bule penasaran dengan sajian yang satu ini karena berbeda dengan nasi goreng yang berasal dari Jepang ataupun negara lainnya.

Nasi goreng di Indonesia umumnya dibuat dengan bumbu seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri hingga terasi. Dipadu dengan telur, bakso ataupun potongan daging ayam dan seafood. Makin enak dicampur dengan kecap manis dan disajikan dengan kerupuk udang.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.