Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

0
79

TNews, SEHAT – Air kelapa muda memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Tak hanya menyegarkan, manfaat dari air kelapa muda bagi kesehatan adalah sumber nutrisi dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air kelapa muda biasanya menjadi pilihan untuk menyegarkan tubuh saat cuaca panas. Airnya paling segar untuk dikonsumsi saat minum langsung dari buahnya. Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa manfaat air kelapa muda bagi kesehatan yang perlu diketahui.

  1. Sumber nutrisi yang baik

Air kelapa adalah jus yang ditemukan di tengah kelapa hijau muda. Air kelapa merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah dewasa. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar setengah hingga satu cangkir air kelapa.

Dalam 240 ml air kelapa terkandung 46 kalori, yaitu:

  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10 persen dari RDI (Recommended Dietary Intake)
  • Magnesium: 15 persen dari RDI
  • Mangan: 17 persen dari RDI
  • Kalium: 17 persen dari RDI
  • Sodium: 11 persen dari RDI
  • Kalsium: 6 persen dari RDI
  1. Memiliki sifat antioksidan

Saat tubuh terlalu banyak radikal bebas, tubuh memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit. Air kelapa mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan.

  1. Menurunkan gula darah

Manfaat dari air kelapa muda bagi kesehatan adalah mencegah tubuh dari penyakit diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah. Ini merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

  1. Mencegah batu ginjal

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang bagus, sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki manfaat yang mungkin lebih baik untuk mencegah batu ginjal.

Namun masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Air kelapa dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Air kelapa muda memiliki sifat penurun kolesterol yang kuat.

  1. Mengurangi tekanan darah

Air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah dan berpotensi menurunkan risiko pembekuan darah di arteri. Dalam satu penelitian kecil pada orang dengan tekanan darah tinggi yang dipublikasikan National Library of Medicine, air kelapa meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta.

  1. Pengganti cairan yang baik setelah olahraga

Manfaat dari air kelapa muda bagi kesehatan adalah memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan.

Dua penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi. Para peserta juga mengatakan air kelapa dapat mengurangi rasa mual dan ketidaknyamanan perut.

 

Sumber: detik.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.