Mengenal Kopi Macchiato

0
285
Ilustrasi Kopi Macchiato

TNews, KULINER – Menu macchiato kini tengah populer. Tak hanya kopi, beberapa minuman lain pun menggunakan sebutan ini. Lantas apakah macchiato beda dengan varian kopi lain?

Jika pergi ke kafe atau coffeeshop, menu macchiato pasti selalu ada bersamaan dengan varian kopi lainnya seperti cappuccino dan latte.

Namun akhir-akhir ini macchiato tak hanya ditemukan pada minuman berbasis kopi, tetapi juga banyak ditemukan di beberapa minuman lain seperti macchiato karamel, matcha macchiato dan strawberry macchiato.

Lalu apa sebenarnya macchiato dan apa bedanya dengan racikan yang lainnya? Berikut ini penjelasan pakar kopi Andreas Willhoff yang dilansir dari RD (30/03).

  1. Macchiato dibuat dari 2 bahan

Istilah macchiato berasal dari Italia. Andreas Willhoff mengungkapkan pemahamannya bahwa macchiato biasa dikonsumsi sore hari sedangkan cappucino dikonsumsi pagi hari.

Jika espresso biasa dianggap sebagai kopi hitam, macchiato bisa dianggap seperti kopi hitam yang ditambahkan sedikit krim. Macchiato tradisional hanya dibuat dari dua bahan yaitu espresso dengan sedikit busa di atasnya.

Dalam bahasa italia kata ‘macchiato’ bisa diterjemahkan menjadi “bernoda” atau “ditandai” yang berarti ditandai dengan busanya tersebut.

Di Italia, macchiato dibuat dengan satu shot espresso dengan sedikit busa di atasnya. Sementara jika di Amerika Serikat, sebagian besar kedai kopi membuat macchiato dengan dua shot espresso.

  1. Beda Macchiato dengan Latte dan Cappuccino

Jika sebagian orang tidak bisa membedakan antara macchiato dengan cappucino, hal ini sangatlah wajar. Karena cappuccino sama-sama dibuat dengan menggunakan espresso dan susu berbusa.

Yang membedakan antara keduanya hanyalah jumlah krim busa di atasnya. Ada lebih banyak busa yang ditemukan pada cappuccino sekitar 4 hingga 5 oz. Sementara macchiato memiliki busa yang lebih sedikit.

Sedangkan latte sebenarnya sama saja, namun rasio bahannya berbeda. Latte terbuat dari susu yang dimasak dengan tambahan espresso.

Dengan tren gaya hidup sehat, saat ini banyak kedai kopi yang sudah menyediakan berbagai pilihan susu seperti almond, oat, dan kedelai. Tentu saja susu pada macchiato bisa diganti dengan susu pilihan.

Macchiato sendiri memiliki beberapa jenis tergantung kedai kopinya. Ada beberapa kedai yang menawarkan espresso macchiato atau latte macchiato.

Jika espresso macchiato adalah versi tradisional, maka latte macchiato adalah versi Amerika yang lebih umum dikenal. Namun keduanya tetap saja dilapisi dengan busa susu di atasnya.

Berbagai jenis macchiato yang umum ditemukan sebenarnya tetap menggunakan kopi. Namun yang membedakan hanyalah variasi bahan yang digunakan. Beberapa macchiato menggunakan campuran pilihan seperti sirup caramel, vanilla, strawberry, atau bahkan matcha.

  1. Apakah Macchiato Lebih Kuat Rasanya dari Latte?

Macchiato terbuat dari lebih banyak espresso, sedangkan latte terbuat dari lebih banyak susu. Karenanya macchiato jauh lebih pekat dibandingkan latte. Macchiato juga lebih pekat dibandingkan cappuccino yang memiliki lebih sedikit espresso.

Seberapa pekat macchiato tergantung dari takaran kopi di dalamnya dan juga penambahan sirup lainnya.

  1. Tips Memesan Macchiato

Willhoff memberikan tips untuk memesan macchiato di kafe. Jika ingin macchiato dengan rasa klasik hanya dengan espresso dan sedikit susu berbusa, bisa memesan macchiato saja tanpa ada tambahan lainnya.

Namun jika ingin mencoba yang lebih bervariasi, mintalah macchiato dengan espresso dobel yang dibagi dengan dua demitasses (cangkir kopi kecil), satunya disajikan apa adanya sedangkan satu lainnya diubah menjadi macchiato.

Jika ingin minum macchiato dengan sensasi yang lebih manis, maka kamu bisa memesan macchiato dengan tambahan sirup seperti karamel dan vanilla.

Jika ingin minum macchiato dengan sensasi yang lebih manis, maka kamu bisa memesan macchiato dengan tambahan sirup seperti karamel dan vanilla. Foto: Getty Images

Macchiato sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah, namun harus dengan mesin pembuat kopi khusus untuk membuat busa susu tersebut.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.