Mudah Dibuat, Ini 3 Racikan Kopi Populer di Dunia

0
323
ilustrasi

TNews, KULINER – Kangen kopi buatan kafe? Kamu bisa meracik sendiri, kopi ala Italia, Meksiko hingga Hong Kong. Aroma wangi kopi bakal bikin makin semangat menjalani hari.

Selain dibuat dengan mesin kopi manual atau otomatis, racikan kopi di kafe memakai takaran. Karenanya rasanya hampir selalu konsisten. Sebenarnya tak sulit meracik kopi seperti buatan kafe. Yang penting kamu punya biji kopi yang kualitasnya baik dan sesuai seleramu.

Selain cappuccino dan cafe latte ada beberapa racikan kopi yang enak dinikmati di pagi atau sore hari. Dihirup hangat dengan paduan susu, rempah hingga teh. Alat-alat yang diperlukan juga sederhana dan pastinya ada di rumah.

  1. Affogato

Salah satu minuman kopi dingin yang populer di Italia. Nama ‘affogato’ berarti tenggelam. Karena kopi ini berupa satu skop gelato yang dituangi espresso hingga tenggelam.

Kalau dilihat dari racikannya banyak orang bilang affogato merupakan racikan kopi galau, antara dessert dan minuman kopi. Karenanya banyak sekali variasi dalam racikan kopi ini. Ditambah taburan cokelat, biskuit dan dipakai es krim selain gelato.

Untuk meraciknya diperlukan:

1 skop gelato vanila atau es krim vanila

60 ml air kopi kental/espresso

whipped cream, memarkan biskuit atau kacang cincang, sesuai selera

Untuk membuatnya, siapkan gelas pendek yang sudah didinginkan di lemari es. Taruh 1 skop gelato/es krim vanila lalu tuangi espresso. Beri topping sesuai selera, whipped cream, kacang cincang atau biskuit. Sajikan segera.

  1. Cafe De Olla

Nama ‘cafe de olla’ artinya ‘pot coffee’. Merujuk pada panci tanah liat yang dipakai untuk merebus kopi. Selain harum sedap kopi, kopi dengan paduan rempah ini cocok untuk menghangatkan badan.

Selain kopi, rempah yang biasa dipakai adalah kayumanis, cengkih, lada hitam dan kadang ditambahkan kulit jeruk navel. Karenanya kopi ini sangat harum, apalagi saat dihirup hangat.

Bahan yang diperlukan untuk meracik Cafe De Olla:

4 gelas (1 L) air dingin

4 sdm gula palem

1 batang kayu manis

4 sdm kopi bubuk kasar

1 buah cengkeh, 2 butir lada hitam dan 2 iris kulit jeruk navel

Untuk membuatnya, tuang air dalam panci lalu tambahkan gula palem, kayu manis dan rempah lainnya.

Didihkan hingga gula larut dan rempah meresap.

Kemudian angkat, masukkan kopi bubuk. Biarkan selama 8-10 menit. Saring ke dalam cangkir-cangkir saji dan nikmati selagi hangat.

  1. Yuanyang

Racikan kopi ini populer di Hong Kong terutama di pagi hari sebagai teman sarapan. Biasanya dinikmati dengan roti panggang atau cakue dan jajanan kecil lainnya.

Konon nama yuanyang menggambarkan sepasang angsa yang muncul bersamaan. Kopi ini cocok buat mereka yang tak terlalu doyan ngopi. Karena dipadukan dengan teh sehingga rasanya tak terlalu kuat.

Untuk membuatnya, bahan yang perlu disiapkan:

250 ml air

2 sdm daun teh hitam (jenis Assam atau Ceylon)

1 kaleng susu kental manis

250 ml air kopi kental

Untuk membuat milk tea, rebus air bersama daun teh hitan hingga mendidih perlahan selama 3 menit.

Angkat dari api, masukkan susu kental manis, masak kembali selama 3 menit lalu angkat dan saring.

Untuk menyajikan padukan 1 cangkir milk tea dengan 1 cangkir air kopi. Perbandingan milk tea dan kopi bisa sesuai selera. Jika akan disajikan dingin, tuangkan ke dalam gelas berisi es batu, aduk dan nikmati dingin.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.