Musim Hujan Tiba, Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Cegah Pilek

0
137
ilustrasi

TNews, KULINER – Musim hujan mulai datang. Imunitas tubuh yang kuat diperlukan untuk menghadapi pergantian musim ini. Tujuh makanan ini disebut ampuh untuk cegah pilek selama musim hujan.

Perubahan musim perlu diwaspadai. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit selama perubahan musim berlangsung perlu dilakukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat selama perubahan musim menjadi kunci utama untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Terlebih ketika memasuki musim penghujan di mana suhu akan menurun dan cuaca akan cenderung tak menentu, kekebalan tubuh menjadi pelindung utama.

Perubahan suhu dari panas menjadi hujan yang cenderung cepat seringkali mengancam kekebalan imunitas dan membuat tubuh lebih cepat sakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami saat suhu menjadi dingin adalah pilek dan hidung tersumbat.

  1. Salmon dan Minyak Ikan

Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkap kekurangan vitamin D menjadi faktor yang besar untuk membuat tubuh mudah terjangkit flu. Pentingnya vitamin D untuk ditambahkan dalam asupan makanan sehari-sehari selalu ditekankan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan.

Makanan yang mengandung vitamin D dengan baik salah satunya adalah ikan yang mengandung lemak atau minyak dengan kadar yang tinggi. Jenis ikan salmon menjadi yang paling direkomendasikan karena kandungan minyak ikan dan vitamin D yang sangat baik.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki komponen aktif alami bernama allicin. Komponen ini dikenal sebagai antibiotik alami yang membuat bawang putih begitu berkhasiat.

Layaknya antibiotik pada umumnya, komponen allicin dalam bawang putih mampu berfungsi sebagai antivirus yang melawan gangguan virus dan infeksi bakteri. Selain itu, konsumsi bawang putih saat mengalami pilek dan hidung tersumbat juga ampuh sebagai pereda dan pelega nafas.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau telah diungkapkan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi dan padat serat. Sayuran hijau juga dipercaya akan sumber vitamin A, C hingga vitamin K yang sangat baik.

Konsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi bakteri karena komponen antibakteri alami yang ada di dalamnya. Contoh sayuran hijau adalah bayam, kangkung, pakcoy dan beragam sayuran hijau lainnya.

  1. Madu

Sejak zaman nenek moyang madu memang sudah dikenal sebagai obat bagi segala keluhan kesehatan yang dialami manusia. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu menjadi alasan utama madu bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu ini memiliki fungsi untuk membantu melawan virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Madu juga diungkapkan oleh para ahli kesehatan dapat membantu meredakan pilek sakit tenggorokan.

  1. Jahe

Rempah yang banyak ditemukan di dapur-dapur rumah tangga ini ternyata dianggap sebagai superfood yang kaya manfaat terutama untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Sejak lama jahe dipercaya menjadi pereda nyeri alami.

Jahe juga dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan medis termasuk untuk mencegah pilek.

Konsumsi jahe untuk mencegah pilek salah satunya bisa dibuat menjadi teh jahe dengan cara menyeduhnya dengan secangkir air panas dan minum

selagi hangat.

  1. Apel

Khasiat apel untuk kesehatan menang telah dikenal dari waktu ke waktu. Kandungan serat yang tinggi, mineral, serta berbagai zat gizi lainnya membuat apel dipercaya sebagai kunci dari kesehatan.

Apel mengandung flavonoid yang bernama quercetin. Kandungan tersebut diungkapkan oleh para ahli dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu kekebalan tubuh akan lebih terjaga dan tubuh tidak mudah sakit.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung asam oleat yang sangat baik untuk membantu meredakan inflamasi di dalam tubuh. Alpukat juga mengandung lemak sehat dan asam lemak omega-3 yang fungsinya hampir mirip dengan minyak ikan yang dibutuhkan untuk menjaga ketahanan imunitas tubuh.

Alpukat diketahui oleh ahli dapat membantu menguatkan sistem imunitas yang didapatkan dari efek meredakan inflamasi yang terjadi di dalam tubuh dan mengatasi pilek. Alpukat sendiri bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Mulai dari dijadikan sebagai salad atau diolah sebagai minuman seperti alpukat kocok.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.