Perbedaan Rasa Mie Instan di Jawa dan Luar Jawa

0
366

TNews, KULINER – Kemasannya sama, tetapi ternyata mie instan dari Indomie yang diproduksi di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa punya racikan berbeda. Apa saja?

Seorang pengguna TikTok @extraodinarygirlll menemukan adanya perbedaan pada mie instan merek Indomie yang diproduksi di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa. Perbedaan tersebut meliputi, kemasan, ukuran, bumbu, hingga jumlah kalori di dalamnya.

Dalam sebuah video, pengguna TikTok tersebut menyandingkan dua mie instan tersebut. Ia menempatkan mie instan dari pulau Jawa di sebelah kiri, sementara dari luar Jawa tepatnya Kalimantan di sebelah kanan.

Jika dilihat dari kemasan, tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja, ukuran kemasan mie instan dari pulau Jawa lebih besar. Berbeda dengan dari Kalimantan yang terlihat agak padat.

Di kemasan sudah dijelaskan bahwa mie instan dari pulau Jawa dilengkapi dengan bumbu bawang goreng juga saus cabai. Namun, di kemasan mie instan dari Kalimantan tidak tertulis.

“Yang paling mencolok ini nih, ada tulisan bawang goreng lebih banyak dan lengkap dengan saus cabai. Di satunya gak ada, karena mie instan dari Kalimantan emang gak disediakan bawang goreng dan saus cabainya. Padahal produksinya sama,” ujarnya dalam video.

Selain itu, perbedaan juga ada pada berat total mie instan. Mie instan dari Jawa memiliki total berat 85 gram, sementara dari Kalimantan hanya 80 gram. Karena bumbu yang diberikan berbeda, maka cara penyajian yang tertulis di masing-masing kemasan pun berbeda.

Pengguna TikTok itu pun langsung membuka kemasan dari kedua mie instan tersebut. Dan terlihat ukuran mie dari Jawa lebih besar dibandingkan dari Kalimantan. Untuk bumbunya, mie instan dari Jawa terdapat lima bumbu, yaitu minyak, kecap, saus, bawang goreng dan bumbu bubuk.

Bumbu yang terdapat di kemasan mie instan dari Kalimantan berisi kecap, minyak, bumbu bubuk dan cabai bubuk. Perbedaan lain juga ada pada jumlah kalori di kedua mie instan tersebut. Jumlah kalori pada Indomie dari Jawa lebih tinggi daripada luar Jawa.

“Fakta menarik Indomie Kalimantan cuma 350 kalori. Sedangkan yang dari Jawa lebih tinggi, 380 kalori,” tuturnya dalam video.

Setelah dimasak dan disajikan di atas piring, perbedaan masih terlihat jelas. Mie instan dari Kalimantan berwarna lebih gelap dibandingkan dengan mie instan dari Jawa. Saat dicoba, pengguna TikTok tersebut pun membandingkan rasa sesuai dengan isiannya.

“Kalau aku sih lebih suka yang pakai cabai bubuk,” ujarnya.

Video tersebut menjadi viral dan ramai ditanggapi oleh netizen. Banyak dari mereka khususnya pencinta mie instan yang terkejut mengetahui sebenarnya.

“Mungkin menyesuaikan selera penduduk,” tulis netizen.

“Pantes sajaa aku selama ini gak pernah dapat bawang gorengnya. Kenapa di Kalimantan harus berbeda,” tulis netizen lainnya.

Sementara netizen yang sudah mengetahui adanya perbedaan tersebut turut memberikan komentarnya. Rata-rata dari mereka lebih menyukai mie instan dari luar Jawa yang menggunakan bubuk cabai.

“Enakkan yang dari Kalimantan. Rasa bumbunya lebih kuat, beneran deh coba aja,” tulis netizen.

“Mie di Riau juga sama kayak di Kalimantan, sekarang aku tinggal di Jakarta dan aku lebih suka mie di Riau yang pakai cabai bubuk, lebih enak menurutku,” tulis netizen lainnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.