Resep Praktis Terong Bumbu Spesial, Rasanya Tak Kalah Enak dari Daging

0
145
ilustrasi terong bumbu spesial ( foto : Inews )

TNews, KULINER – Jika kamu sedang mencari lauk makan yang rasanya mirip daging, sepertinya kamu wajib coba resep praktis dari terong ini.

Kamu bisa masak terong dengan bumbu spesial ini, dijamin bakalan bikin kamu ketagihan dengan rasanya. Pasalnya, olahan terong yang dimasak seperti ini rasanya tak kalah enak dari daging, loh.

Meskipun hanya berbahan dasar terong, tapi, lauk makan ini benar-benar bisa bikin ketagihan. Sudah enak, murah dan praktis banget.

Kamu tidak perlu mahal-mahal membeli daging dengan prosesnya yang lama, kamu cukup membeli terong dengan harga murah ini dan bisa memasaknya dengan rasa yang tak kalah enak dari daging.

Cara buatnya juga sangat mudah. Bumbu sambalnya ini yang akan membuatmu ketagihan dengan olahan terong ini.

Penasaran bagaimana resep praktis dari olahan terong ini? resepnya dari kanal YouTube capacuka cooking berikut.

Bahan:

  • 500 gr terong ungu
  • 1 buah tomat
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahannya. Kemudian, potong-potong terong. Jangan dipotong terlalu kecil, ya. Cukup 1 buah terong dipotong empat bagian.

2. Setelah terong dipotong-potong, siapkan minyak di dalam wajan. Panaskan minyak. Jika minyak sudah panas, masukkan terong yang sudah dipotong tadi.

Baca Juga: Resep Olahan Tahu dan Telur Jadi Menu Harian yang Enak dan Lezat, Dijamin Jadi Rebutan dan Langsung Ludes!

Goreng terong hingga terong berubah warna. Gunakan api sedang saja agar terong tidak cepat gosong. Setelah terong matang, angkat dan tiriskan dari minyak.

3. Selanjutnya, siapkan blender. Masukkan bawang merah dan bawang putih ke dalam blender tersebut.

4. Masukkan juga cabai rawit dan cabai merah keriting. Tambahkan sedikit minyak agar mudah diblender.

Blender semua bumbunya hingga benar-benar halus, ya. Boleh juga dihaluskan menggunakan ulekan. Jika suka pedas, cabai rawitnya boleh ditambahkan lagi, ya.

5. Selanjutnya, siapkan wajan yang berisi sedikit minyak. Jika minyak sudah mulai panas, tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.

6. Tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harumnya. Setelah tercium aroma harum, masukkan daun jeruk dan sereh yang sudah dimemarkan sebelumnya.

7. Aduk-aduk sebentar. Lalu, masukkan garam, kaldu bubuk, lada bubuk dan juga gula pasir. Aduk-aduk kembali dan tumis bumbunya hingga sedikit menyusut.

8. Kemudian, masukkan buah tomat yang sudah dipotong-potong kecil sebelumnya. Aduk-aduk sebentar.

9. Lalu, masukkan juga terong yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Tumis terong hingga semuanya matang dan bumbunya menyusut serta meresap sempurna ke dalam terong.

Jika bumbunya sudah meresap ke dalam terong, koreksi rasanya. Jika ada yang kurang, boleh tambahkan bumbu. Jika sudah pas, angkat dan sajikan di atas piring saji.

Kini, terong balado sudah siap untuk dinikmati dengan nasi hangat. Rasanya enak banget dan bikin boros nasi, nih. Apalagi dimakan bersama anggota keluarga. Selamat mencoba, ya.

Sumber: sukaharjo.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.