Rupanya Kemasan Makanan Miliki Fungsi yang Tak Banyak Diketahui, Ini Penjelasannya

0
247
ilustrasi

TNews, KULINER – Ada beberapa fungsi kemasan makanan yang jarang diketahui orang. Seperti alas cangkir kopi panas hingga kemasan yogurt. Semua dibuat dengan fungsi tertentu.

Agar menikmati makanan atau minuman tidak sulit, ada beberapa fungsi kemasan yang perlu diketahui. Dilansir dari Reader’s

kemasan makanan seperti cangkir kopi, yogurt, hingga permen memiliki fungsi yang dapat mempermudah dalam menikmati makanan.

Beberapa fungsi kemasan makanan ini jarang diketahui banyak orang. Karena, kebanyakan orang malah salah dalam menggunakan kemasan makanan atau minuman yang sedang dinikmati.

Berikut 7 fungsi kemasan makanan yang perlu diketahui.

  1. Boks Makanan

Boks makanan ada banyak macamnya. Salah satunya boks yang terbuat dari kertas dan praktis digunakan karena hanya tinggal mengikuti pola untuk membuatnya. Biasanya boks makanan ini digunakan oleh penjual makanan untuk menyajikan menu rice box atau hidangan mie.

Karena bentuknya persegi, memang terkadang agak susah untuk mengaduknya. Saat menikmati makanan seperti nasi atau mie dengan boks makanan seperti itu, boks tersebut harus dibuka hingga menjadi priing sebagai alas makan.

  1. Gelas Minuman Plastik

Kemasan minuman seperti gelas plastik kerap digunakan untuk mengemas minuman take away. Gelas plastik ini juga memiliki fungsi yang tidak banyak diketahui orang.

Tutup gelas ini bisa digunakan sebagai tatakan. Tempatkan gelas di atas tutup plastik untuk menjadi tatakan gelas. Fungsinya agar tidak menyebabkan genangan air di atas meja yang disebabkan oleh es batu pada minuman.

  1. Wadah Yogurt

Yogurt yang banyak tersebar di pasaran biasanya menggunakan cangkir atau mangkuk berukuran kecil. Ada juga yogurt yang dikemas menggunakan wadah ‘half half’ yang setengah kemasannya berisikan topping atau saus untuk menikmati yogurt.

Banyak yang salah menggunakan kemasan tersebut, karena biasanya isi setengah kemasan itu dipindahkan menggunakan sendok. Padahal, setengah kemasan tersebut bisa langsung dilipat dan isinya berpindah ke wadah isi yogurt.

  1. Permen

Beberapa permen dikemas dalam wadah plastik bening, seperti pearl candy. Permen ini umumnya memiliki rasa mint yang agak pedas. Untuk menikmati permen tersebut, cukup mengambil satu butir saja.

Selama ini, banyak orang salah menuangkan permen tersebut, karena akan keluar dua butir atau lebih. Caranya tinggal letakkan wadah permen itu dimeja dan buka tutupnya, sebutir permen akan keluar dengan sendirinya.

  1. Kaleng Minuman Soda

Minuman bersoda tak hanya dikemas dalam wadah botol saja, tapi juga kaleng. Untuk menikmatinya harus dibuka dulu pengait tutupan kaleng. Kalau menikmatinya menggunakan sedotan, banyak orang langsung meletakkan di dalam lubang kaleng minuman bersoda.

Seharusnya, pengait tutupan kaleng yang memiliki lubang itu diposisikan ke depan. Fungsinya untuk menaruh sedotan agar tidak mudah berpindah.

  1. Gagang Wajan

Wajan anti lengket biasanya memiliki gagang yang agak panjang. Kalau kamu menyajikan makanan langsung di wajan tersebut, biasanya memerlukan sendok untuk mengambil makanan.

Kamu bisa menggunakan gagang wajan untuk meletakkan sendok agar tak kotor setelah mengambil makanan. Jangan lagi meletakkan langsung di atas meja yang mengakibatkan meja kotor.

  1. Kemasan Kentang Goreng McDonald’s

Kentang goreng dari gerai McDonald’s dikemas dalam wadah kertas berwarna merah. Bagian belakang kemasan kentang goreng memang dibuat lebih tinggi daripada bagian depannya.

Ternyata kemasan belakang tersebut memiliki fungsi untuk meletakkan saus. Caranya dengan melipat kemasan belakang tersebut dan tuangkan saus di atasnya. Kamu bisa dengan mudah menikmati kentang goreng dan sausnya.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.