Sarapan Wajib Setiap Pagi, Ini kata Ahli Diet

0
128
Ilustrasi Sarapan

TNews, KULINER – Sarapan wajib dilakukan tiap pagi, tetapi banyak orang tak sarapan karena tidak lapar. Meskipun demikian para ahli menganjurkan untuk tetap sarapan.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting karena banyak mendatangkan manfaat. Bahkan ahli nutrisi menyarankan untuk selalu makansarapan. Agar kamu tidak terlalu lapar dan kalap makan di siang atau malam harinya.

Meskipun manfaat dari sarapan sudah banyak terlihat, namun tetap saja tidak semua orang sarapan tiap pagi. Dilansir dari huffpost.com (29/03), hampir 70% orang mengatakan bahwa mereka tidak mampu bangun sebelum jam 8 pagi untuk membuat sesuatu untuk dimakan.

Mungkin melewatkan sarapan pagi untuk beberapa hari akan baik-baik saja. Tetapi beda halnya jika dilakukan secara terus menerus. Menurut asisten profesor di Northwestern Health Sciences University, waktu terbaik untuk melakukan sarapan ialah 2 jam setelah bangun tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan pada waktu tersebut akan mendatangkan manfaat lebih. Seperti memberikan energi, mendukung metabolisme, menjaga fungsi kognitif jantung, serta menjaga gula darah agar tetap terkendali.

Namun tetap saja beberapa manfaat ini tergantung pemilihan makanan yang kita konsumsi. Protein seperti daging dan telur, kacang-kacangan, dan buah berserat tinggi adalah menu yang cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Makanan ini dapat membantu mengisi bahan bakar tubuh sehingga energi yang didapat bertahan sepanjang hari. Air putih juga menjadi asupan penting guna menjaga hidrasi tubuh.

Makanan yang diasup pagi hari tidak harus kompleks. Makanan sederhana seperti yogurt dengan buah beri ataupun roti dengan selai kacang juga akan memberikan energi pada tubuh.

Ahli diet Anna Smith mengatakan bahwa diperbolehkan untuk melewatkan sarapan sesekali saja. Tetapi jika itu sering terjadi, maka disarankan untuk memeriksa kebiasaan makan agar kamu mampu mengenali kebutuhan tubuh.

Beberapa kondisi seperti penyakit GERD dan mulas mungkin menjadi alasan melewati sarapan. Solusi terbaik yaitu dengan makan sesuatu yang sedikit dan tinggi serat sehingga dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan kerja enzim metabolisme.

Ada juga orang yang merasakan lapar berlebih ketika bangun padahal semalam sebelumnya telah mengonsumsi makanan. Ternyata makan berlebih di malam hari mempengaruhi isyarat rasa lapar di keesokan harinya.

Untuk itu disarankan untuk beristirahat yang cukup agar mampu membantu mengatur hormon yang memicu keinginan makan. Selain itu memahami kondisi tubuh menjadi kebutuhan mendasar agar dapat mengontrol asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.