Sate Langganan Presiden Jokowi

0
897

TNews, SOLO – Sate yang satu ini masuk dalam daftar makanan Solo favorit Jokowi. Meski berbahan sederhana, sate yang satu ini bikin banyak orang ketagihan.

Sate kere selalu masuk dalam daftar saat berwisata kuliner di Kota Solo. Salah satu yang legendaris dan terkenal adalah warung sate kere Mbak Tug yang berada di Jalan Arifin 63, Jebres, Solo.

Pemiliknya adalah Tugiyem, warga Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo. Kini usahanya dilanjutkan anak keduanya, Suheni. Tempatnya hanya berupa gerobak di emperan bangunan, namun jangan salah, rasanya bikin ketagihan. Buktinya, Presiden Joko Widodo sejak sebelum jadi Wali Kota Solo hingga kini masih menjadi pelanggannya.

“Dulu ibu saya nggak tahu kalau itu Pak Jokowi, setelah jadi wali kota baru kenal. Sampai sekarang pun masih sering dipanggil Pak Jokowi kalau pulang Solo,” kata Suheni, Sabtu (7/3/2020).

Saat Jokowi menjabat wali kota, Tugiyem kerap diajak mengikuti pameran kuliner di berbagai daerah. Bahkan hingga Jokowi menjabat presiden, Tugiyem masih sering diajak menempati stan dalam acara-acara kuliner.

Tak hanya Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka putra sulungnya pun kini menjalin kerja sama dengan warung Mbak Tug. Menu sate kere di katering Chiliparimilik Gibran selalu dipasok dari Mbak Tug.

Awalnya, Tugiyem mulai berjualan 1977 dengan cara berkeliling kampung dan menaruh jualan satenya di atas kepala agar mudah dibawa. Ia menempati lokasi Jalan Arifin itu sejak sekitar 2003.

“Sebenarnya sudah ditawari Mas Gibran menempati tempat lain, tapi ibu nggak mau. Karena pelanggannya sudah banyak di sini,” ujarnya.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.