Selain Rasanya yang Enak, Nugget Ikan Patin Khas Desa Ciroyom Juga memiliki nilai gizi yang tinggi Loh

0
39
Nugget Ikan Patin ( foto: Kuliner.id )

TNews, KULINER – Nugget merupakan salah satu makanan olahan yang digemari banyak orang. Paling nikmat menyantap nugget dengan nasi panas atau dibuat menjadi camilan yang menggugah selera.

Biasanya, nugget terbuat dari olahan daging ayam. Namun, kali ini, Anda dapat mencicipi nugget berbeda yang terbuat dari ikan ikan patin khas Desa Ciroyom. Selain enak, nugget ini memiliki nilai gizi yang tinggi.

Ya, nugget ikan ini merupakan kreasi Kelompok Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ciroyom, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Passionate homecook, Putri Habibie mengatakan, nugget Ikan Ciroyom merupakan nugget yang dibuat dari campuran ikan patin segar dan sayuran, yang masing-masing berasal dari tangkapan nelayan dan panen petani lokal. “Nugget Ikan Ciroyom, tidak mengandung bahan pengawet dan MSG,” kata Putri Habibie melalui keterangannya dikutip Senin (22/8/2022).

Menurut Putri, ada banyak manfaat dari ikan patin untuk kesehatan. Ikan patin (Pangasius Sp) memiliki kandungan gizi tinggi. Berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia (2017) yang disusun Kementerian Kesehatan, nilai gizi ikan patin (per 100 gram bahan dapat dimakan) mencakup 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat.

Ikan patin mengandung komponen zat gizi mikro berupa kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan beta karoten yang mempunyai peran dan memberikan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh.

“Dengan membuat kreasi makanan dari bahan dasar ikan patin, kami ingin memberi inspirasi nutrisi yang baik dapat diperoleh dengan bahan pangan lokal dan murah. Maka, upaya pemenuhan gizi seimbang sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah dan anggota keluarga memperoleh manfaat yang baik dari bahan makanan yang diproses,” ujar dia.

Putri menambahkan, ikan patin di Desa Ciroyom tidak hanya dapat diolah menjadi nugget. Setelah produk Nugget Ikan Ciroyom dipasarkan, Kelompok Ibu PKK Desa Ciroyom juga mengembangkan produk olahan ikan patin lain guna menambah daftar oleh-oleh khas Ciroyom, misalnya kerupuk tulang ikan dan bakso ikan.

Menurut Putri, Yayasan Berdaya Putri Habibie akan tetap membina warga Desa Ciroyom, khususnya di bidang pemasaran dan pengembangan produk. Ke depannya, program Pangan Lokal Bergizi akan diselenggarakan di berbagai termasuk daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.

Kepala Desa Ciroyom, H. Wawan Suwandi mengatakan, ikan patin di desanya sangat mudah ditangkap. Dia berharap keberadaan Nugget Ikan Ciroyom dapat membantu perekonomian warga dan komunitas di desanya.

Sumber: inews.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.