Viral Resep Ayam Goreng Campur Vitamin

0
88

TNews, KULINER – Netizen TikTok bagikan resep ayam goreng campur vitamin yang bikin heboh. Bagaimana tanggapan ahli gizi soal menu ini?

Media sosial seperti TikTok memang sudah menjadi platform berbagi resep masakan yang praktis. Dalam video singkat, resep masakan beserta tutorialnya bisa menarik perhatian orang.

Ada banyak resep masakan yang dibagikan oleh kreator konten melalui TikTok. Mulai dari olahan daging, ikan, sayur, aneka kue hingga olahan ayam. Bahkan tak sedikit dari resep masakan yang terbilang nyeleneh.

Seperti yang resep masakan yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @mirawaty17. Dalam sebuah video, ia membagikan resep ayam goreng. Bukan ayam goreng biasa, melainkan ayam goreng bervitamin.

“Sekarang aku mau buat ayam goreng bervitamin. Sekarang siapkan dulu bahan-bahannya. Pertama bikin adonannya menggunakan tepung. Ini rahasianya masukin aja vitamin ke tepung crispy kalian,” ujarnya dalam video.

Sesuai namanya, racikan ayam goreng itu benar-benar dicampur vitamin. Di awal video, ia memperlihatkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu daging ayam yang sudah dipotong-potong, tepung, telur, air dan vitamin.

Semua bahan tersebut dicampur termasuk vitamin. Tidak jelas vitamin jenis apa yang dicampur ke dalam adonan, tetapi bubuk vitamin itu dikeluarkan dari kapsul. Baru kemudian ayam digoreng seperti biasa.

Video tersebut pun menjadi viral setelah dibagikan ulang oleh akun Instagram @lambe_turah. Videonya juga mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

“Besok muncul adonan telur dikasih cerebrofort biar bervitamin,” tulis netizen.

“Ribet amat sih, ayamnya lo makan, vitaminnya lo minum. Dah beres,” tulis netizen lainnya.

Jika dilihat dari hasil akhirnya, tak ada yang berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Namun, bagaimana soal rasa? apakah campuran vitamin pada racikan resepnya dapat berkhasiat pada tubuh?

Untuk menjawab soal ini, detikFood menghubungi Irtya Qiyamulail, ahli gizi dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI).

Irtya Qiyamulail mengatakan bahwa pemanasan pada proses menggoreng seperti dalam video dapat merusak vitamin. Apalagi kalau vitaminnya larut air seperti vitamin B dan C.

“Sebenarnya tidak terlalu kelihatan jelas vitamin apa saja yang dimasukkan, tapi kalau efek sampingnya tidak ada. Malah cenderung mubazir karena akhirnya rusak juga,” ujar Irtya Qiyamulail kepada detikcom (19/12).

Lebih lanjut, Irtya juga menyarankan agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin, sebaiknya mengonsumsi sayuran dan buah. Mencampurkan vitamin ke adonan seperti pada video tidak akan menambah khasiat sehat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pakar Gizi Leona Victoria Djajadi. Bahkan ia mengatakan bahwa cara mencampurkan vitamin ke dalam racikan ayam goreng bisa jadi berbahaya.

“Berbahayanya karena pas dia buka dari packaging vitaminnya (kapsul) atau dikeluarkan dari botolnya akan terpapar udara. Beberapa jenis vitamin itu akan mulai teroksidasi jika terkena cahaya dan oksigen. Sehingga saat persiapan masak itu vitaminnya mulai teroksidasi dengan sendirinya,” ujar Leona Victoria Djajadi.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.