YouTuber Masak Daging Tikus Bambu di Tengah Hutan

0
4942

TNews, KULINER – Seorang YouTuber memperlihatkan aksi memasak yang tak biasa di tengah hutan. Ia mengolah tikus bambu jadi santapan lezat untuk dimakan bersama teman-temannya.

Seperti namanya, tikus bambu biasa hidup di pohon-pohon bambu. Sedikit berbeda dengan tikus biasa, tikus bambu memiliki badan yang lebih besar dengan bulu yang lebat. Siapa sangka, tikus bambu bisa jadi santapan lezat.

Tikus bambu jadi ide untuk menu makan oleh YouTuber bernama Raymon Lutam. Lewat videonya yang berdurasi sekitar 14 menit, ia berbagi momen saat memasak tikus bambu bersama teman-temannya.

Bukan menunya saja yang unik, aksi memasaknya juga dilakukan di tempat yang tak biasa, yakni di tengah hutan. Dalam video terlihat ia telah menyiapkan daun pisang sebagai alas untuk memasak.

Selain itu, ia juga membawa kompor, wajan, spatula, nampan lengkap dengan aneka bumbu. Pertama, tikus bambu lebih dulu dibersihkan dari bulu-bulunya dengan cara dibakar. Baru kemudian daging tikusnya dicincang.

Proses memasak selanjutnya dilakukan dengan mengungkep daging tikus yang sudah dicincang. Dalam proses tersebut, YouTuber tersebut memasukkan bumbu berupa serai dan jahe.

Setelah dagingnya empuk, baru kemudian ditumis dengan aneka bumbu lainnya. Bumbu yang digunakan untuk menumis ada seperti daun dalam, daun bawang, daun pandan, kunyit dan cabai yang sudah dihaluskan.

Tak lupa juga untuk menambahkan penyedap seperti garam dan micin. Setelah matang, daging tersebut dijajakan menggunakan alas daun pisang. Daging tikus bambu tersebut disantap pakai nasi dan bakwan.

Mereka menilai bahwa teksturnya empuk, juga ada tekstur daging yang kenyal mirip seperti kikil. Olahan daging tikus bambu tersebut pun disantap bersama-sama sambil duduk lesehan di tengah hutan.

Aksi memasak yang tak biasa itu langsung mengundang netizen untuk berkomentar. Banyak netizen yang mengaku penasaran untuk mencoba olahan daging tikus bambu tersebut.

“Wah seru ya om makan bareng temen-temen pakai menu daging tikus bambu. Jadi penasaran pengen coba,” tulis netizen di kolom komentar.

“Koki Minahasa ini emang keren banget. Masakannya selalu bikin ngiler orang,” tulis netizen lainnya

Meski terdengar tak biasa, tetapi tikus bambupopuler sebagai makanan lezat bagi orang Minahasa. Biasanya orang Minahasa mengolah tikus bambu dengan bumbu rica dan santan.

Selain Minahasa, olahan tikus bambu juga sangat digemari oleh masyarakat China bahkan sejak ratusan tahun lalu. Selain dinilai enak, orang di China percaya makan daging tikus bambu bisa mengeluarkan racun dari tubuh.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.