Yuk Cobain Resep Ikan Goreng Siram Cabe yang Enak dan Gurih Pol

0
18
Ilustrasi Ikan Goreng iram Cabe (Foto: Sumeks)

TNews, KULINER – Jika kamu bosan dengan menu ikan goreng yang biasa saja, resep yang satu ini bisa kamu coba. Dijamin ketagihan.

Ya, ikan goreng siram cabe, resep yang wajib kamu coba di rumah untuk disantap bersama keluarga.

Sensasi renyah dan gurih ikan goreng yang dipadukan dengan pedasnya cabe akan menimbulkan rasa yang nikmat dan bikin nagih.

Kalau makan siang menunya lauk ini siap-siap bakal boros nasi dijamin enak dan gurih pol.

Untuk tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera. Kalau suka dengan sensasi pedas yang kuat bisa ditambah cabai rawit yang banyak dalam resep ikan goreng ini.

Tapi kalau tidak terlalu suka pedas tetap bisa menikmati menu ini, kurangi saja jumlah cabai rawit dan gunakan cabai merah biasa agar sensasi pedas tetap ada.

Penasaran bagaimana cara membuat resep ikan goreng siram cabe? Dikutip dari Jangkara.com, berikut bahan dan cara membuat yang bisa diikuti.

Bahan-Bahan yang Disiapkan:

  • 2 ekor ikan kembung segar

Bumbu Ulek:

  • 50 gram cabe rawit
  • 5 buah cabe hijau
  • 5 buah cabe merah
  • 6 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih

Cara Membuat Ikan Goreng Siram Cabe:

1. Langkah pertama sebelum membuat resep ikan goreng siram cabe adalah cuci bersih ikan kembung yang masih fresh dengan air mengalir.

2. Setelah dicuci bersih tambahkan perasan air jeruk nipis dan garam agar bau amisnya hilang. Fungsi garam disini untuk mengurangi lendir ikan yang mungkin masih keluar setelah dicuci bersih.

3. Setelah ikan dicuci bersih segera goreng ikan jangan terlalu matang karena nanti masih akan diolah lagi. Goreng setengah matang saja.

4. Langkah berikutnya adalah membuat bumbu ulek caranya rebus air terlebih dahulu setelah mendidih masukkan bahan bumbu ulek sebentar saja.

5. Matikan api, tiriskan lalu ulek kasar saja jangan terlalu halus karena nanti akan diolah bersama ikan.

6. Setelah ikan kembung digoreng, tata di atas piring saji. Ulek cabe dan bawang sampai pecah kemudian masukkan bumbu penyedap.

7. Setelah diulek aduk rata kemudian beri sedikit minyak panas sisa tadi menggoreng ikan kembung.

8. Siram di atas cabe lalu aduk rata dan berikan perasan air jeruk nipis aduk sampai rata. Siram cabe uleknya di permukaan ikan sampai merata.

9. Ikan goreng siram cabe siap disantap untuk menu makan siang keluarga.

Untuk penggunaan jeruk nipis jika tidak ada jeruk nipis bisa diganti dengan tomat yang penting ada unsur asem-asem segernya di atas menu ikan goreng siram cabe.

Sumber: Cookpad.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.