Bahaya! Ini 5 Resiko Begadang bagi Bumil

0
66

TNews, LIFESTYLE – Saat hamil, ibu mesti lebih protektif pada kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap fit saat hamil adalah tidur yang cukup. Meskipun begitu, tak jarang Ibu Hamil justru jadi kurang tidur karena merasa kurang nyaman dengan kondisi tubuhnya yang berubah.

Walaupun rasanya sulit, ibu tetap harus memaksakan diri untuk tidur dan menghindari begadang. Pasalnya, begadang bisa membawa lima bahaya ini yang mengancamdan janin.

  • Daya Tahan Tubuh Menurun

Kurang tidur dan begadang bisa berdampak buruk pada daya tahan tubuh. Padahal, ibu hamil membutuhkan imun tubuh yang kuat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Jika daya tahan tubuh menurun, ibu jadi rentan sakit dan kesehatan janin juga akan terganggu.

  • Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi berbahaya pada ibu hamil yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Penelitian dari Center for Parental studies, Swedish Medical Center menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari enam jam sehari memiliki risiko peningkatan tekanan darah lebih tinggi dibanding ibu hamil dengan jam tidur normal. Itulah sebabnya ibu hamil yang suka begadang rentan mengalami preeklamsia.

Kelahiran Prematur

Begadang saat hamil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur. Sebuah penelitian menunjukkan ibu hamil yang kurang tidur memiliki hormon sitokin yang berlebih dalam tubuhnya. Akibatnya, hormon tersebut akan memengaruhi kinerja pembuluh darah di tulang belakang yang mengarah ke plasenta. Hal itu bisa berujung pada kelahiran prematur dan membuat ibu depresi.

Persalinan Caesar

Selain kelahiran prematur, ibu hamil yang suka begadang juga berisiko mengalami persalinan caesar. Hal ini karena proses melahirkan secara normal jadi terhambat dan membutuhkan waktu lama. Jadi, mau tidak mau ibu harus melakukan operasi caesar agar bayi bisa segera dikeluarkan.

Komplikasi pada Janin

Penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center menunjukkan kebiasaan begadang yang dilakukan ibu hamil bisa berpengaruh buruk pada kesehatan janin. Proses perkembangan janin di dalam kandungan jadi terhambat. Selain itu, janin berisiko memiliki berat badan rendah saat lahir kelak.

Itu tadi lima bahaya bagi ibu hamil. Oleh karena itu, sudah semestinya ibu tidur yang cukup untuk menghindari bahaya tersebut.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.