Balita Sering Sakit Semasa Musim Hujan, Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

0
38

TNews, LIFESTYLE – Beberapa anak balita rentan sakit selama musim hujan, sehingga Anda harus menjaga kesehatan si kecil agar tetap terlindungi. Ya Moms, apalagi selama musim hujan ada banyak penyakit musiman yang sebaiknya dihindari.

Seperti malaria yang membuat balita jadi demam, menggigil, tubuhnya terasa sakit, dan otot lemah. Kemudian tifus, yang disebabkan oleh air dan makanan yang terkontaminasi bakteri akibat kurang higienis. Lalu seperti dikutip dari FirstCry Parenting, musim hujan juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah pada anak akibat nyamuk Aedes aegypti.

Oleh sebab itu, Moms, untuk memastikan kesehatan balita selama musim hujan, yuk, lakukan beberapa cara cerdas berikut ini.

  1. Tetap hangat dan kering

Jika tubuh anak basah dan bajunya lembap, ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi. Oleh karena itu, penting untuk selalu berjaga-jaga membawa jas hujan dan payung saat mengajak balita pergi keluar rumah. Lalu, jika si kecil telanjur kebasahan, maka harus segera berganti ke pakaian bersih dan kering setelah sampai rumah.

  1. Minum air bersih

Moms, jika Anda suka merebus air sendiri di rumah, maka Anda harus lebih ekstra hati-hati. Sebab jika anak minum air terkontaminasi, maka dapat menyebabkan penyakit seperti kolera hingga diare. Apalagi anak balita lebih rentan dengan penyakit ini dibanding orang dewasa. Sehingga, mengutip Indian Express, penting untuk menyediakan air bersih yang sudah disaring dan bebas kuman bagi anak dan keluarga di rumah.

  1. Rajin cuci tangan

Ajarkan anak balita Anda untuk mencuci tangan dengan benar dan teratur dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Terutama, saat si kecil akan makan, karena kuman yang ada di tangan dapat berpindah ke mulut, lalu ke perut, dan bisa menyebabkan penyakit.

  1. Makan makanan bergizi seimbang

Pastikan anak balita Anda memiliki pola makan yang sehat, dan hindari jajan di luar rumah. Lalu sertakan juga banyak sayuran hijau dan buah-buahan seperti pisang, pepaya, atau jeruk yang mengandung banyak antioksidan.

Imunisasi untuk anak.  Foto: Shutter Stock

  1. Vaksin influenza

Health Shots melansir, jangan lupa untuk memberikan vaksinasi pada si kecil. Apalagi vaksin influenza yang dapat melindungi anak dari flu di musim hujan, Moms.

  1. Lingkungan bersih dan sehat

Jaga kebersihan lingkungan rumah dengan membersihkan genangan air, mencegah dinding basah, menutup jendela saat hujan, dan menutup bak air. Semua hal tersebut dapat mencegah nyamuk, lalat, dan serangga pembawa penyakit lainnya untuk berkerumun di rumah.

  1. Mandi setelah kehujanan

Penyakit berkembang ketika tubuh mengalami penurunan suhu secara tiba-tiba, yang umumnya terjadi ketika anak balita kehujanan. Sehingga dengan mandi setelah basah terkena hujan, dapat membantu tubuh menstabilkan suhu dingin dan mengembalikannya ke keadaan normal. Setelah si kecil mandi, usahakan beri si kecil minuman dan makanan hangat seperti sup atau susu.

  1. Sering ganti popok

Musim hujan membuat anak balita jadi lebih sering buang air kecil. Sehingga jika si kecil masih menggunakan popok, Anda harus sering mengganti popok untuk menghindari kelembapan dan infeksi jamur di area genitalnya.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.