Begini Cara-cara Jitu Ajari Anak Matematika

0
65

TNews, LIFESTYLE – Belajar matematika sebenarnya tidak sekadar bertujuan agar anak mendapat nilai bagus dan meraih peringkat teratas di sekolah. Sebab, ketika anak menguasai pelajaran ini, keterampilan kognitif dasarnya juga akan terasah.

Ya Moms, sebuah jurnal yang dilansir laman National Council of Teacher of Mathematics menyebutkan, matematika mampu mengembangkan rasa ingin tahu, imajinasi, fleksibilitas, hingga ketekunan yang berkontribusi pada masa depan anak. Sebab, mata pelajaran ini bukan cuma angka, tapi juga tentang penalaran dan pemakaian logika.

Tak hanya itu, ketika anak jago matematika, ternyata kemampuan literasinya dapat meningkat. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 116 anak prasekolah berusia 3-5 tahun, disebutkan bahwa mereka yang terbiasa dengan kegiatan matematika bersama orang tuanya mempunyai kosakata lebih banyak. Itu artinya, matematika juga dapat menstimulasi kecerdasan berbahasa si kecil, Moms.

Agar si kecil suka dengan pelajaran matematika, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

Tips agar Belajar Matematika Menyenangkan

  1. Hubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari

Anda dapat menghubungkan kegiatan sehari-hari sambil mengajaknya memahami konsep matematika. Misalnya, dengan pergi bersama ke supermarket.

Sambil didampingi, minta anak untuk membeli beberapa daftar belanjaan. Dengan cara ini, si kecil dapat lebih memahami pelajaran berhitung, Moms. Kemampuan problem solving anak pun dapat terasah. Sebab, ia perlu ‘mengatur strategi’ agar uang yang diberikan cukup untuk memenuhi daftar belanja.

2. Beri pemahaman pada anak bahwa menguasai matematika dapat memudahkan hidupnya

Saat sekolah dulu, Anda mungkin bertanya, seberapa penting pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan tersebut bisa jadi terlintas pula di pikiran si kecil. Oleh karena itu, berilah pemahaman bahwa matematika dapat membuat hidup lebih mudah di masa depan.

Kebiasaan berpikir analisis dalam matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran yang baik. Dengan begitu, si kecil dapat berpikir logis terhadap suatu situasi. Hal inilah yang membuatnya lebih berhati-hati dan tidak gegabah saat mengambil keputusan.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.