Bisakah Nyamuk Tularkan Covid-19? Ini Penjelasannya

0
47

TNews, LIFESTYLE – Nyamuk adalah salah satu hewan yang dapat menularkan penyakit berbahaya ke manusia, seperti malaria, demam berdarah, hingga demam kuning. Ya Moms, mereka menyebarkan penyakitnya lewat gigitan di kulit.

Itulah kenapa, kita sebagai orang tua perlu waspada dengan keberadaan nyamuk di rumah. Tapi, apakah nyamuk bisa menyebarkan virus corona ke manusia?

Penjelasan soal Apakah Virus Corona Dapat Menular lewat Nyamuk

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan bahwa virus corona dapat menular lewat gigitan nyamuk. Ya, corona adalah virus yang ditularkan lewat droplets yang dilepaskan ke udara ketika orang yang terinfeksi batuk, berbicara, atau bersin, Moms.

Sementara itu, agar nyamuk terinfeksi virus, virus itu harus ada di dalam darah yang diisap nyamuk. Padahal menurut Emily Gallichotte, PhD, peneliti postdoctoral di departemen mikrobiologi, imunologi, dan patologi di Colorado State University, Amerika Serikat, virus corona tidak masuk ke dalam darah.

“Corona adalah virus pernapasan yang hanya terdapat di paru-paru dan saluran pernapasan orang yang terinfeksi, dan jarang masuk ke dalam darah,” jelas Emily, seperti dikutip dari Health.

Jadi, agar nyamuk bisa menularkan virus corona ke seseorang melalui gigitan, virus harus dapat bereplikasi di dalam nyamuk. Sementara itu, virus corona tidak terbukti dapat melakukan hal tersebut.

Di bulan Juni 2020, para peneliti juga mencoba menyuntikkan untaian virus corona ke dalam sel-sel terisolasi dari nyamuk Aedes. Para peneliti menemukan bahwa virus tidak dapat bereplikasi dalam sel nyamuk ini, Moms.

di yang sama, para peneliti mengumpulkan 1.165 nyamuk dari sekitar kota Wuhan di China, tempat wabah pertama COVID-19 tercatat. Seperti dikutip dari Healthline, para peneliti menemukan bahwa semua nyamuk yang dikumpulkan dinyatakan negatif virus corona.

Jadi, dapat dipastikan, virus corona tidak bisa menular lewat nyamuk ya, Moms. Penularan virus corona hanya terjadi lewat droplets, sehingga jangan lupa memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, dan mencuci tangan jika sudah menyentuh barang atau permukaan.

Sumber  : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.