Hati-hati! Ini Cara Atasi Kulit Kering pada Anak

0
1024

TNews, LIFESTYLE – Orang tua mana yang tidak senang bila anak punya kulit yang lembab dan sehat. Namun, berbagai masalah kulit dapat dialami anak, mulai dari kulit sensitif hingga kering.

Kulit kering biasanya akan tampak bersisik dan pecah-pecah. Saat anak menggaruk kulitnya karena gatal, akan muncul garis-garis halus berwarna putih. Tentu saja, ini bukan pertanda baik.

Practical Parenting melansir, menurut Dr. Eleni Yiasemides, Konsultan Dermatologis di SouthDerm dan Dermeze Ambassador, cuaca menjadi salah satu pengaruh terbesar pada kesehatan kulit anak.

“Musim panas adalah salah satu musim yang paling bermasalah bagi anak-anak yang mengalami kulit kering atau sensitif. Saat ini terjadi, banyak orang tua tidak yakin bagaimana menangani kebutuhan kulit anak mereka yang berubah,” kata Dr. Eleni.

Oleh karenanya. Dr. Eleni memberi tips bagaimana cara merawat kulit kering pada anak.

5 Tips Atasi Kulit Kering pada Anak

  1. Perhatikan Produk Pembersih

Menurut Dr. Eleni, sabun dan atau deterjen yang keras dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Penting bagi orang tua untuk memilih produk pembersih yang lembut atau khusus untuk kulit kering.

  1. Jangan Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi air panas atau hangat dengan waktu yang lama akan membuat kulit dehidrasi dan akhirnya kering. Jadi, jangan biarkan anak bermain air terlalu lama saat mandi dengan air panas ya, Moms.

  1. Gunakan Pelembab

Pelembab menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kulit kering pada anak. Oleskan pelembab yang aman untuk kulit si kecil, tepat setelah ia selesai mandi ketika tubuhnya masih setengah basah.

Ini memungkinkan pelembab untuk lebih cepat meresap ke dalam kulit untuk memberikan hidrasi.

  1. Jaga Anak Tetap Merasa Sejuk

Cuaca yang panas juga berpengaruh pada kesehatan kulit anak. Ketika anak berkeringat terlalu banyak, ini akan membuat kulit si kecil menjadi lebih kering.

Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk membuat anak tetap merasa sejuk dan nyaman dengan memberikan kompres basah di tubuhnya pada siang hari. Selain itu, berikan pakaian yang longgar agar kulit dapat bernapas dengan baik.

  1. Hindari Kontak dengan Zat Mengiritasi

Jika anak memiliki kulit yang kering, sebaiknya jauhkan dia dari zat yang dapat mengiritasi kulitnya. Mulai dari lem, cat hingga slime yang mungkin akan dimainkannya. Paparannya akan menyebabkan kekeringan dan iritasi pada tangan dan bagian kulit lainnya.

Pastikan anak-anak menggunakan sarung tangan saat menyentuh benda-benda tersebut ya, Moms.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.