Ini 5 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat, Bukan Cuma Istirahat Cukup

0
4
ilustrasi pilek (foto: kompas)

TNews, KESEHATAN – Bagaimana cara menghilangkan pilek dengan cepat? Di musim yang tak menentu seperti sekarang ini pilek dan batuk memang banyak menyerang. Banyak yang was-was lantaran gejalanya mirip dengan covid-19.

Kalau sudah terlanjur kena pilek, ini cara menghilangkan pilek dengan cepat. Pilek ditandai dengan hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus atau lendir. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Biasanya, pilek akan sembuh sendiri dalam satu hingga dua minggu. Dengan begitu, Anda tak perlu buru-buru minum beraneka obat. Namun dalam kondisi tertentu Anda bisa praktikkan cara menghilangkan pilek dengan cepat ini.

1. Minum air putih

Banyak minum air putih akan membantu tubuh mengeluarkan lendir. penderita pilek perlu minum air putih yang banyak.

Cairan bisa membuat lendir mudah keluar dari tubuh. Maka dari itu, minumlah yang banyak, misalnya melebihkan 2-3 gelas per hari dari konsumsi normal.

2. Madu

Cara menghilangkan pilek pakai madu bisa dengan mengonsumsinya langsung, melarutkannya dalam segelas air, atau mencampurkan ke makanan.

Studi menyebut bahwa madu bisa membantu mengurangi pilek dan batuk pada anak. Tapi ingat, madu tidak boleh diberikan untuk bayi atau anak di bawah satu tahun.

3. Humidifier

Uap yang dihasilkan dari pelembap udara dapat membantu melonggarkan sistem pernapasan sehingga memudahkan napas dan mengencerkan lendir.

4. Semprotan air garam dan baking soda

Gunakan campuran air matang dengan garam dan baking soda sebagai semprotan hidung. Campuran ini bisa membersihkan hidung, sehingga lendir cepat keluar.

Caranya, rebus secangkir air sampai matang. Kemudian, masukkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Tunggu hingga suhu air setara suhu ruangan. Lalu, semprotkan campuran air tersebut ke hidung.

5. Minum jus bit

Studi menunjukkan minum jus buah bit bisa meredakan gejala pilek dengan cepat. Sebab, bit mengandung nitrat yang tinggi.

Nitrat pada bit bisa meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Zat ini dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, termasuk pilek.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.