Kemegahan Objek Wisata Religi Gereja Katolik Katedral Manado

0
1102

TNews, ROHANI – Kota Manado kaya akan objek wisata religi yang memiliki nilai sejarah. Selain Monumen Patung Yesus Memberkati, objek wisata religi lain adalah Gereja Katolik Katedral Hati Tersuci Maria Manado. Tempat ibadah yang indah dan megah ini di kalangan masyarakat Manado dikenal dengan sebutan Gereja Katedral.

Bangunannya  berdiri kokoh di atas lahan seluas 2000 meter persegi. Pertama kali dibangun pada tahun 1932 dan ditahbiskan Mei 1933, Gereja tersebut pada mulanya bernama Gereja Katolik Manado.

Sebutan Katedral mulai digunakan sejak tahun 1961. Saat itu Mgr. Verhoeven diangkat menjadi Uskup Manado. Kata ‘Katedral’ sendiri berasal bahasa Latin, ‘Cathedra’ yang artinya ‘tempat duduk’. Sementara dalam bahasa Yunani, ‘Katedral’ disebut ‘Kathedra’ yang artinya sama dengan Katedral dalam bahasa Latin.

Bangunan gedung Gereja lama yang sudah tua dan kapasitasnya yang tidak memadai lagi untuk menampung umat Katolik yang terus berkembang, memotivasi umat Katolik Kota Manado membentuk panitia pembangunan Gereja. Ketuanya dijabat oleh Marietha Kuntag.

Pada awal Juni 2003 pembangunan gedung Gereja baru dimulai. Pembangunannya berlangsung cukup lama, tujuh tahun. Kemudian pada Sabtu, 10 April 2010 gedung Gereja diresmikan bertepatan dengan HUT ke-70 Uskup Keuskupan Manado, Monseignor  (Mgr) Joseph Theodorus Suwatan MSC.

Gedung megah bergaya semi gothic ini diresmikan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli.

Gaya arsitektur Gereja Katolik Manado merupakan gabungan tiga arsitektur dunia, yaitu Byzantium, Romanesque dan Gothic. Langgam atau gaya arsitektur gothic merupakan puncak arsitektur Gereja Katolik.

Arsitektur langgam gothic memiliki filosofi “Istana Surga,” yaitu bangunan gedung gereja yang dibuat seperti istana megah dan menjulang tinggi ke langit. Pintu utamanya setinggi 4,7 meter dengan lebar 3,3 meter dan berdinding granit. Salah satu ciri Gereja ini  adalah memiliki kubah seperti Gereja-Gereja di Roma.

Dengan demikian, Gereja ini tampak kokoh dan megah dan bahkan sering disebut-sebut sebagai Gereja Katedral termegah di kawasan timur Indonesia.

Ingin bertandang ke objek wisata terkenal di Kota Manado, Sulawesi Utara tersebut? Lokasinya sendiri tidak sulit dicari. Gereja Katolik Katedral Manado terletak di Jl. Sam Ratulangi No. 66 Manado.

 

Sumber : Tribun News

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.