Manfaat Asupan Vitamin C untuk Bayi di Dalam Kandungan

0
86

TNews, ANAK Bayi di dalam kandungan perlu mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Mulai dari vitamin D untuk mencukupi kebutuhan kalsium janin, vitamin K untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi serta tulangnya, dan juga vitamin C.

Ya Moms, vitamin C juga sangat penting bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Sehingga, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai buah, sayuran, dan minuman yang mengandung vitamin C.

Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk bayi di dalam kandungan?

Bayi di dalam kandungan membutuhkan vitamin C setiap hari karena penting untuk tumbuh kembang janin dan menjaga kondisinya agar tetap sehat. Ini karena vitamin C dapat membuat kolagen pada tubuh bayi, yaitu protein struktural yang merupakan komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit.

Selain itu, vitamin C juga membantu perkembangan tulang dan gigi bayi. Kemudian vitamin C dapat mencegah kematian janin atau neonatal dan terhindar dari kelahiran prematur serta preeklamsia. Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Babycenter, beberapa peneliti meyakini bahwa kekurangan vitamin C pada bayi baru lahir juga dapat mengganggu perkembangan mentalnya.

Maka, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sekitar 85 miligram vitamin C, dari asupan makanannya. Bisa dari buah jeruk yang sangat tinggi vitamin C, bisa juga dari sayuran berdaun hijau yang merupakan sumber vitamin C terbaik. Intinya, pilih lah makanan segar sebagai sumber vitamin C karena panas dapat merusak kandungannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin C seperti dikutip dari What To Expect.

  • Paprika merah: 95 mg per ½ cangkir mentah
  • Jus jeruk: 93 mg per cangkir
  • Jeruk: 70 mg per buah sedang
  • Jus jeruk bali: 70 mg per cangkir
  • Kiwi: 64 mg per buah sedang
  • Paprika hijau: 60 mg per ½ cangkir mentah
  • Brokoli: 51 mg per ½ cangkir dimasak
  • Stroberi: 49 mg per ½ cangkir diiris
  • Anggur: 39 mg per setengah buah berukuran sedang

Biasanya ibu hamil yang kekurangan vitamin C ditandai dengan defisiensi meliputi kelelahan, radang gusi, luka sulit sembuh, memar, dan kulit kasar serta kering. Sehingga jika memiliki tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, ya Moms.Biasanya ibu hamil yang kekurangan vitamin C ditandai dengan defisiensi meliputi kelelahan, radang gusi, luka sulit sembuh, memar, dan kulit kasar serta kering. Sehingga jika memiliki tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, ya Moms.

Sumber : Kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.