Perlu Diperhatikan! Ini Cara Ajak Bayi Bicara Sesuai Usianya

0
58

TNews, LIFESTYLE – Orang tua umumnya akan mengajak bayinya bicara agar si kecil terhibur dan tersenyum. Tak hanya menyenangkan, mengajak bayi bicara ternyata memiliki manfaat tersendiri, Moms.

Mengutip Web MD, otak bayi akan menyerap suara, nada, dan bahasa yang Anda gunakan sebagai bahan untuk membentuk kata-kata pertamanya. Anak yang memiliki orang tua yang sering berbicara cenderung memiliki keterampilan bahasa yang lebih kuat dibanding anak lainnya.

Nah Moms, seiring bertambahnya usia bayi, ia akan menunjukkan perkembangan pada kemampuannya untuk mengeluarkan suara dan berbicara. Untuk itu, berikut cara mengajak bayi bicara sesuai dengan usianya.

Cara Mengajak Bayi Bicara

  1. Usia 1 – 3 Bulan

Pada usia 1 – 3 bulan, bayi berkomunikasi dengan orang tuanya melalui ekspresi wajah, senyuman, gerakan tangan dan kaki, dan tangisan. Selain itu, si kecil juga akan merespons suara Anda dengan babbling atau mengoceh secara acak.

Karena kemampuannya yang masih terbatas, ia mungkin lebih aktif mendengar daripada bersuara. Untuk itu, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk berbicara pada bayi usia 1 -3 bulan:

  • Mengoceh, bernyanyi, dan bermain cilukba
  • Bercerita tentang aktivitas Anda
  • Membacakan buku cerita bergambar
  • Beri respon pada suaranya seolah-olah Anda dan si kecil sedang mengobrol
  1. Usia 4 – 7 Bulan

Pada usia 4 – 7 bulan, bayi mulai mencoba meniru suara-suara yang ia dengar. Ia juga akan bereksplorasi dengan nada suaranya, seperti meninggikan dan merendahkan suaranya untuk menunjukkan ekspresi tertentu. Nah, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajak bicara bayi usia 4 – 7 bulan:

  • Saat memegang sesuatu, bayi mulai mengeluarkan suara seolah-olah sedang menyebut nama benda itu. Untuk itu, sebut nama benda tersebut untuk mendorong perkembangan kosakatanya.
  • Perkenalkan nama-nama benda yang berada di sekitar si kecil sambil menunjuk bendanya.
  • Mulai bangun percakapan yang interaktif dan lihat bagaimana bayi meresponsnya.
  • Ajak bayi membaca buku bersama dan beri apresiasi saat bayi mengeluarkan suara seolah-olah ia sedang ikut membaca bersama Anda.
  1. Usia 8 – 12 Bulan

Pada usia 8 – 12 bulan, bayi mulai mengatakan kata-kata tertentu dengan jelas, misalnya mama, papa, dan lain sebagainya. Ia juga mulai memahami perintah, seperti melambaikan tangan dan melakukan kiss-bye. Nah, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan bicara si kecil.

Sebutkan benda yang ditunjuk bayi secara spesifik. Misalnya, saat ia menunjukkan mobil, katakan “Iya, itu mobil merah,”

Perkenalkan nama-nama anggota tubuh dengan menunjuk anggota tubuhnya dan anggota tubuh Anda.

Bantu si kecil untuk mengungkapkan maksudnya saat ia sedang mencoba berbicara.

Hindari penggunaan kata “Jangan” untuk melarangnya melakukan suatu tindakan.

Bayi akan meniru perkataan orang di sekitarnya. Untuk itu, jaga perkataan Anda selama bersama si kecil ya.

Nah itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengajak si kecil berbicara. Namun penting diingat Moms, bahwa pertumbuhan bayi berbeda-beda. Sehingga tak perlu terlalu khawatir jika kemampuan bicara anak tak seperti yang Anda harapkan. Jika Anda khawatir dengan kemampuan bicara si kecil, lebih baik konsultasikan ke dokter spesialis anak.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.