Si Kecil Susah Makan Karena Diare, Begini Cara Mengatasinya!

0
38

TNews, LIFESTYLE – Diare pada anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Ya Moms, diare adalah buang air besar yang frekuensinya lebih sering dan konsistensi tinja lebih encer dari biasanya.

Selama diare, tubuh anak akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit secara cepat. Tapi, saat sedang diare, ia justru sering menolak makan, bahkan makanan favoritnya. Anak juga tampak lemas dan terkadang tidak mau minum.

Jika kondisi tersebut terjadi, semua orang tua pastinya akan khawatir karena takut si kecil kekurangan nutrisi. Terlebih, tubuhnya pun bisa lemas, karena kekurangan asupan makanan. Lantas, bagaimana ya mengatasi anak yang susah makan saat diare?

Penjelasan soal Cara Mengatasi Anak Susah Makan saat Diare

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A, lewat tulisannya di laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Ada lima cara yang bisa dilakukan oleh orang tua jika anak susah makan saat diare, berikut di antaranya:

  1. Siapkan cairan oralit

Siapkan oralit untuk mengganti cairan yang keluar setelah diare. Sebab anak yang mengalami diare sangat rentan dehidrasi. Pada anak yang dehidrasi ringan, maka akan terlihat kehausan, namun jika sudah dehidrasi berat, maka akan malas minum.

Jadi lebih baik cegah si kecil mengalami dehidrasi dengan memberikan oralit sekitar 10 ml/kg berat badan. Misal berat badannya 10 kg, maka anak perlu oralit 100 ml setiap diare. Bila si kecil muntah setelah minum oralit, tunda dulu sebentar lalu berikan kembali sedikit demi sedikit.

  1. Lanjutkan pemberian ASI

ASI dapat memproteksi anak dari diare. Jadi tetap berikan ASI karena kandungan laktosa yang terdapat dalam ASI tidak akan menyebabkan diare bertambah parah.

  1. Beri makanan yang banyak mengandung cairan

Bila bayi sudah mendapat MPASI, berikan makanan yang banyak mengandung air, seperti sup, yoghurt, atau air kelapa. Namun, pemberian jus buah tidak disarankan karena mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol yang menyebabkan peningkatan osmolalitas. Makanan tinggi kalium seperti pisang juga bisa menjadi pilihan. Asal hindari pemberian minuman manis atau soda saat anak diare.

  1. Beri makanan dalam porsi kecil dan sering

Asupan makanan yang masuk harus tetap perhatian walaupun nafsu makan si kecil menurun. Apalagi biasanya anak akan merasa mual atau malah muntah saat diare, jadi berikan makanan dalam porsi lebih kecil dari biasanya. Makanan dalam porsi kecil ini perlu diberikan lebih sering, misal tiap 3-4 jam, untuk memenuhi kebutuhan zat gizi si kecil selama diare.

  1. Berikan makanan tinggi energi

Saat sedang diare, berat badan anak biasanya menurun karena asupan yang kurang atau dehidrasi. Jadi bila sudah sembuh, maka kejar kekurangan asupan makanan tersebut dengan melanjutkan pemberian makanan yang mengandung tinggi energi, agar pertumbuhan si kecil tetap terjaga saat masa penyembuhan.

Sumber : Kumparanmom.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.