Si Kecil Susah Makan Sayur? Begini Cara Atasinya!

0
61

TNews, LIFESTYLE – Sayuran jadi salah satu jenis makanan yang perlu tersedia di menu makan anak. Ya Moms, sayuran mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan air. Sayuran juga bisa membantu melindungi anak dari penyakit kronis di kemudian hari, termasuk penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Sehingga, sangat penting untuk membiasakan anak makan sayuran sejak dini. Tapi, beberapa ibu kerap mengeluh, karena anaknya tidak suka atau tidak mau makan sayur.

Lantas, bagaimana caranya agar anak mau makan sayuran?

Beberapa Tips untuk Hadapi Anak Susah Makan Sayur

  1. Ajak belanja sayur

Apabila anak sudah berusia 3 tahun ke atas, ajak anak untuk belanja sayuran bersama. Di saat pandemi seperti ini, Anda bisa mengajak anak memilih sayur di toko online, sambil menjelaskan secara sederhana manfaat sayuran.

  1. Ajak anak mengolah sayuran

Menurut dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, ajak juga anak untuk membersihkan dan mempersiapkan sayuran bersama, agar anak menikmati proses persiapan dan penyajian.

“Berikan pujian bila anak dapat membersihkan, menyajikan, dan mengonsumsi sayur,” jelas dokter yang praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, kepada kumparanMOM.

  1. Orang tua harus jadi contoh

Anak adalah peniru ulung, dan biasanya akan banyak belajar soal makanan dari orang tuanya sendiri. Jadi sebaiknya, orang tua juga ikut mengonsumsi sayuran. Perlihatkan kepada anak bahwa ibu dan ayahnya juga sangat menyukai sayuran.

  1. Olah sayuran jadi makanan menarik

Bayam dan wortel dapat dibuat dalam bentuk bayam crispy dan tahu isi untuk memperkaya cita rasa sayur. Bisa juga diolah jadi makanan favorit si kecil, seperti memasukkan sayuran ke omelette, pizza, roti panggang, atau pasta.

  1. Hias sayuran agar terlihat lucu

Terkadang tampilan yang lucu dan menarik bisa membuat anak tertarik untuk mengonsumsi makanan. Jadi, jika anak menolak makan sayuran yang diiris atau dicincang, coba potong jadi bentuk bintang, hati, atau bentuk lainnya.

Sajikan juga di piring berwarna cerah dengan garpu dan sendok yang berbentuk menggemaskan, seperti dinosaurus atau jerapah. Membekukan sayuran jadi es smoothie juga bisa jadi pilihan, Moms.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.