Tak Hanya Ikuti Prokes, Ini 5 Cara Cegah Anak Terpapar Corona

0
68

TNews, LIFESTYLE – Maraknya kasus COVID-19 pada anak membuktikan bahwa penyebaran virus ini tidak memandang kelompok usia. Saat ini, anak-anak masuk ke dalam kelompok yang rentan terhadap paparan virus corona di berbagai belahan dunia.

Itu lah mengapa, kita perlu tetap mematuhi protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar rumah. Mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Selain itu, ikuti program vaksinasi COVID-19 secara bertahap. Meski memang, saat ini baru anak yang sudah berusia 12 tahun ke atas saja yang bisa mendapatkan vaksin.

Namun jangan menyerah ya, Moms. Selain mematuhi prokes kita bisa tetap berusaha sebaik mungkin melindungi anak-anak dari ancaman COVID-19. Tak hanya mematuhi prokes, melalui laman Instagram-nya, UNICEF Indonesia memberi kiat-kiat berikut ini:

  1. Imunisasi

Sebaiknya, orang tua tetap berikan bayi dan balita imunisasi yang lengkap. Bagi anak yang sudah sekolah, ikuti juga bulan imunisasi anak sekolah yang sesuai dengan usianya.

  1. Hindari area tanpa ventilasi

Perhatikan ventilasi rumah Anda. Pastikan, cukup baik agar rumah lebih sehat.

Apabila terpaksa membawa anak ke luar rumah, hindarilah area-area dengan ventilasi tertutup dan area dengan tingkat kepadatan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya risiko kontak erat.

  1. Hindari keluar rumah

Hindari membawa anak keluar rumah di masa pandemi, kecuali untuk kepentingan mendesak seperti masalah kesehatan yang serius. Pastikan juga untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker saat berada di luar rumah.

  1. Dampingi anak

Orang tua dan atau pengasuh harus memberikan pendampingan pada anak saat beraktivitas, baik secara daring maupun luring. Dengan begitu, anak-anak tetap beraktivitas di bawah pengawasan ketat.

  1. Jaga kesehatan anak

Yang terpenting dari semuanya adalah pastikan anak selalu sehat dan aktif selama di rumah. Berikan anak asupan nutrisi seimbang setiap harinya di masa pandemi ini.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.