Pemkab Minsel Bersama Forkopimda Sepakat Pilhut 2023 Ditunda Usai Pilpres dan Pilkada 2024

0
60
Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wonglar SH, pada hari ini Rabu 22/02/2023 bertempat di ruang rapat Bupati menggelar Konferensi Pers bersama seluruh Pers Minahasa Selatan.

TNews, MINSEL – Bertempat di Kantor Bupati Minahasa Selatan(Minsel), Pemkab dan Forkopimda Minsel gelar Press Conference, Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan kepastian kepada masyarakat terkait Pilhut serentak tahun 2023, Rabu(22/2/2023).

Dalam kegiatan itu Bupati Franky Donny Wongkar (FDW) dalam sambutannya menyampaikan, bahwa keputusan ini Berdasarkan hasil Rapat koordinasi Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan pada tanggal 3 februari 2023 yang di laksanakan di Ruang Rapat Pemkab terkait Pemilihan Hukum Tua serentak Kab Minsel, ungkapnya.

“Menimbang surat edaran Menteri Dalam Negeri yaitu pilkada bisa dilaksanakan pada tahun ini dan boleh juga diadakan pada tahun 2024 mendatang usai Pilpres dan Pilkada serentak tahun 2024, Tandas Bupati.

“Bukannya kami pemerintah kabupaten tidak ingin melaksanakan pilhut tahun 2023, kami pemerintah sudah menganggarkan melalui sidang paripurna bersama dewan tetapi tahun ini belum bisa dilakasanakan, karena sesuai surat edaran Mendagri no 100.3.5.5/244/SJ, dijelasakan pada poin 4 dimana pemerintah ada dua pilihan yaitu pertama diadakan sebelum tanggal 1 november dan yang kedua ditunda setelah selesai Pileg dan Pilkada Serentak,” jelas FDW.

Sementara Wakil Bupati Pdt,Petra Y.Rembang M.Th mengharapakan agar media bekerjasama dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait pilhut.

Sekda Minsel Gladi Kawatu SH MSi juga menjelaskan kenapa Pilhut ini ditunda menimbang beberapa opsi, secara teknis yang mana, mengingat waktu yang sangat rentan dalam tahapan pilkada di tahun ini, sehingga Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan memutuskan untuk menunda sesuai kajian yang di ambil dari surat edaran Mendagri bahwa Pilhut bisa diadakan pada tahun ini, bisa juga di adakan usai Pilpres dan pileg 2024, Jelas Kawatu.

Turut hadir dalam Konferensi Pers hari ini dihadiri oleh Forkopimda Minsel, Bupati Frangky D.Wongkar SH, dan Wakil Bupati Pdt Y.Rembang M.Th, Sekda Gladis Kawatu SH, M.Si, PLT Ketua DPRD Steven Lumowa ST, PN Antoni Mona SH,Kapolres diwakili Koramil Ferdinand Tadampak, Kejari diwakili Oleh Ibu Jaksa Florencia Timbuleng SH, Kadi PMD Evert Poluakan, Kadis Kominfo MH. Weken juga Wartawan Minahasa Selatan.

Reporter : Steven

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.