110 Orang PPDP se Kecamatan Kota Larantuka Flores Timur Dilantik

0
110
Anggota Komisioner Flotim Maria Tirsa Claudia, menyematkan atribut pantarli.

TNews, FLORES TIMUR – Sebanyak 110 orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pemilu 2024 di Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Pelantikan dilaksanakan Minggu 12 Februari  2023 bertempat di aula SMA Darius Larantuka, yang dilakukan oleh Rohaniawan Katolik dan Islam.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan Bimtek Petugas P2DP yang dihadiri Anggota Komisioner, KPU Flotim Maria Tirsa Claudia.

Komisioner KPU Flotim Maria Tirsa Claudiana kepada awak media,  menjelaskan ada beberapa badan yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan umum atau pemilu.

“Keseluruhan badan itu membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) selama penyelenggaraan pemilu, panitia pemutakhiran data pemilih  Atau Pantarlih itu salah satunya,” jelas Maria.

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, pantarlih merupakan petugas pemutakhiran data pemilih.

“Petugas yang dibentuk untuk pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih saat tahapan, Pemilu Setiap tempat pemungutan suara (TPS) memiliki petugas pantarlih yang ditunjuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) atas nama KPU Kabupaten atau Kota,” tambahnya.

Pantarlih berasal dari aparat desa, RW, atau warga masyarakat. Seleksi penerimaan pantarlih dilakukan secara terbuka dengan mempertimbangkan kompetensi, kapasitas, integritas dan independensi calon peserta kepanitiaan

Maria Tirsa juga mengingatkan kepada Pantrlih yang baru di lantik soal pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

“Membantu KPU kabupaten atau kota, Komisi Pemilihan Kecamatan (PPK), dan PPS dalam menyusun daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilihk, untuk Melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih Pemilih memberikan bukti pendaftaran

Memberikan pencocokan dan hasil penelitian kepada PPS. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK dan PPS yang diwajibkan oleh undang-undang,” jelasnya.

“Coklit adalah salah satu kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan pantarlih dengan menemui pemilih secara langsung dari rumah ke rumah,” pungkasnya.

Pelantikan pantarlih diselenggarakan di setiap kecamatan dan dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan teknis jelang pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Reporter : Bram Muda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.