3 Pejabat Kemendagri Diantik Pj Sekda Tiga Provinsi Baru Papua

0
7
Tiga pejabat Kemendagri dilantik sebagai Pj Sekda Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan (foto: lintaspapua)

TNews, POLITIK – Tiga pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) di tiga provinsi baru Papua.

Mereka antara lain, Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Kemendagri Valentinus Sudarjanto Sumito sebagai Pj Sekda Provinsi Papua Tengah.

Kemudian Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri Sugiarto sebagai Pj Sekda Provinsi Papua Selatan. Terakhir, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kemendagri Sumule Tumbo sebagai Pj Sekda Papua Pegunungan.

Tiga orang Pj Sekda itu dilantik langsung oleh masing-masing Pj Gubernur Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (15/11) lalu.

Dalam pidatonya, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengatakan pihaknya tengah mempercepat pengisian aparatur sipil negara (ASN). Ia menyebut pengisian ASN untuk mempercepat kerja awal pemerintah daerah baru itu.

“Satu hal yang dipikirkan oleh saya adalah bagaimana secepatnya melakukan pengisian ASN pada kelembagaan perangkat daerah,” ujar Ribka dalam keterangan resminya yang diterbitkan Puspen Kemendagri.

Di lain sisi, Ribka menegaskan kebijakan otonomi khusus yang diterapkan di Papua telah mendorong adanya afirmasi, proteksi, dan pemberdayaan masyarakat asli Papua. Karena itu, ASN perlu mengawal kebijakan tersebut dengan melakukan sejumlah upaya.

“Serta membangun integritas antara level pemerintahan baik pusat maupun di daerah atau kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo berencana lebih cepat membentuk struktur dan mengisi personel pada tugas-tugas pemerintahan. Baik di level jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), eselon III dan IV dalam rangka mempersiapkan pemerintahan definitif.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus dan senantiasa menjaga, melindungi, dan memberkati kita sekalian,” kata Apolo.

Sebagai informasi, Mendagri Tito Karnavian telah meresmikan tiga provinsi baru di Papua yakni Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11). Pada acara itu, Tito juga melantik tiga penjabat Gubernur di tiga DOB Papua tersebut.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.