Ada dari Indonesia! 5 Ikan Berwujud Paling Aneh!

0
490

TNews, NASIONAL – Hewan-hewan aneh ini pasti akan membuat kamu kebingungan karena tidak seperti binatang pada umumnya. Malah ada yang bergigi mirip gigi manusia. Kok bisa sih?

  1. Ikan bergigi mirip manusia

Ikan ini sangat berbeda dari kebanyakan ikan. Bermula dari seorang nelayan bernama Nathan Martin di South Mills, North Carolina, ya berburu ikan seperti biasa di laut. Mendadak jaringnya menangkap ikan yang tidak biasa dan bentuknya aneh. Selain giginya yang unik mirip gigi manusia, mulutnya pun mirip mulut domba.

Ikan dengan ‘gigi manusia’ ditangkap di North Carolina, AS, menggegerkan pengunjung pantaiIkan dengan ‘gigi manusia’ ditangkap di North Carolina, AS, menggegerkan pengunjung pantai Foto: BBC Magazine

Banyak yang bingung tapi sejumlah netizen mengenalinya sebagai ikan bernama sheepshead atau nama ilmiahnya Archosargus probatocephalus. Menurut artikel di Scientific American, ikan ini jenisnya omnivora alias pemakan segala sehingga giginya cukup mirip dengan manusia.

  1. Ikan mirip kulit roti kebab

Seorang pemancing kaget karena memperoleh ikan aneh yang berwujud lain dari yang lain. Itu karena kulitnya mirip-mirip tortila atau kulit kebab atau shawarma.

Tom Borsworth yang menangkapnya sendiri sangat keheranan karena tidak pernah melihat ikan seperti yang ia tangkap di area Tampa Bay, Florida, Amerika bersama dua temannya pada Maret silam ini.

Beberapa waktu kemudian tepatnya bulan Agustus kemarin, lembaga Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FFWCC) mengidentifikasi apa jenis ikan tersebut.

Di halaman Facebook-nya, FFWCC menjelaskan bahwa ikan mirip kebab ini adalah filefish orange dengan nama ilmiah Aluterus schoepfii. Setiap tahun, ternyata ada beberapa orang mengirim foto ikan tersebut karena merasa bentuknya aneh.

  1. Hiu muka babi

Ini hewan dari hasil perkawinan silang kah? Sebabnya, hewan ini adalah hiu yang memiliki wajah mirip babi. Makhluk yang tidak biasa itu terlihat mengambang di atas air dan ditemukan oleh awak kapal angkatan laut yang sedang berlabuh di Darsena Medicea, yang terletak di Kota Portoferraio, Pulau Elba, Italia.

Dikutip dari NDTV, setelah dicek lebih teliti oleh orang-orang yang punya keahlian di bidang fauna laut, ternyata hewan itu sebenarnya adalah angular roughshark atau Oxynotus centrina. Mereka biasanya menghuni kedalaman laut 700 meter di bawah ombak. Hewan ini termasuk golongan binatang yang terancam punah.

  1. Ikan mirip alien

Cookiecutter shark atau hiu pemotong kue dikenal dengan kemampuannya merobek hingga potongan kecil tubuh hewan bahkan yang ukurannya lebih besar darinya. Dinamakan begitu karena dia benar-benar beringas.

Ikan bermata hijau dan berwajah menyeramkan ini dapat tumbuh hingga berukuran 50 cm. Makhluk aneh penghuni laut dalam tersebut menggunakan gigi runcing mereka untuk memakan hiu putih besar yang berukuran 10 kali lipat dari ukuran mereka, bahkan bisa menggigit potongan daging manusia.

  1. Hiu berwajah manusia

Temuan hiu berwajah mirip manusia di Rote Timur, NTT menjadi viral. Tapi bukan hal yang mengejutkan, ada alasan di baliknya. Ilmuwan mengatakan itu dikarenakan kelainan genetik.

“Itu memang bayi hiu. Jenis hiu yang seperti itu memiliki kelainan genetik,” kata Fahmi, peneliti Pusat Penelitian Oceanografi LIPI, Rabu (24/2/2021).

Menurut Fahmi sebagian hiu bertelur dan sebagian lagi beranak. Untuk jenis yang ditemukan di Rote Timur ini adalah hiu yang beranak dari jenis Black Tip. Indonesia punya 4 spesies Black Tip dari yang kecil di Karimunjawa sampai yang agak besar di tengah lautan Samudera Hindia dan Laut Banda.

Sumber : detikINET.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.