Bambang Brodjo Dikabarkan Mundur dari Kepala BRIN

0
8371

TNews, NASIONAL – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dikabarkan akan berdiri sendiri setelah peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bambang Brodjonegoro yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala BRIN dikabarkan akan mengundurkan diri dari posisinya itu. Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber yang dipercaya. “Kayanya beliau (Bambang) mengundurkan diri. (Sedangkan) Kementerian ristek jadi BRIN saja,” kata sumber tersebut, Sabtu (10/4/2021).

Saat kembali dikonfirmasi, apakah Bambang juga akan mundur dari Kepala BRIN, sumber tersebut juga kembali mengiyakan. “(Iya) Sepertinya,” katanya. Tak ada keterangan lebih lanjut mengenai jabatan Bambang di Kabinet Indonesia Maju. Menurut sumber, hal itu menjadi kewenangan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk mengumumkan. “Kewenangannya Pak Seskab,” jelas sumber tersebut. Sebelumnya, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro juga mengatakan BRIN akan berdiri sendiri seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bila demikian, BRIN tak akan menjadi satu dengan Kemendikbud.

“Artinya kan Kemenristeknya digabung ke Dikbud, kemudian BRIN menjadi badan tersendiri,” kata Bambang kepada awak media setelah meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Jumat (9/4/2021). “Kemenristek ya nggak ada, bergabung ke Dikbud. (BRIN) akan menjadi lembaga seperti BKPM, BNPB,” sambungnya. Namun, ia tak memberitahu siapa yang akan menjabat sebagai Kepala BRIN. Menurutnya, itu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kan itu Presiden yang menentukan,” tutur Bambang. Ia hanya berharap dengan peleburan ini, maka transisi BRIN menjadi badan yang berdiri sendiri tak akan mengganggu agenda riset yang menjadi prioritas. “Intinya kita harapkan masa transisinya kita mulus, sehingga tidak mengganggu agenda-agenda riset yang menjadi prioritas,” pungkas Bambang.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.