Bamsoet Bertemu Jokowi Laporkan Kejuaraan Balap Motor Bebek

0
78

TNews, NASIONAL – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo melaporkan persiapan Kejuaraan Balap Motor Bebek ke Presiden Jokowi. Kompetisi ini rencananya digelar sebanyak tujuh seri dan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Finalnya dilangsungkan pada 17 Agustus 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. “Presiden Joko Widodo mendukung digelarnya Kejuaraan Balap Motor Bebek Piala Presiden Republik Indonesia. Sebanyak 34 provinsi akan bertanding mengirimkan para pebalap muda andalannya. Kejuaraan ini merupakan salah satu solusi agar para anak muda tidak lagi melakukan balapan liar di jalan raya. Tetapi, langsung membuktikan kebolehannya di lintasan sirkuit. Sekaligus menyaring bibit unggul yang bisa dilatih menjadi atlet nasional bertaraf internasional,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (15/4/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, melalui kejuaraan memperebutkan Piala Presiden tersebut, IMI sekaligus mendukung Sirkuit Internasional Sentul menjadi Pusat Olahraga Otomotif Indonesia. Karenanya, IMI juga mendorong pengembangan Sirkuit Internasional Sentul untuk melakukan renovasi total terhadap berbagai sarana dan prasarana. Sehingga bisa turut menyelenggarakan ajang bergengsi dunia seperti Formula 1 (F1), A1GP dan World Super Bike (WSBK). “Sebagai negara besar dengan market pasar mencapai 270 juta lebih penduduk, Indonesia sangat pantas memiliki setidaknya dua sirkuit F1. Dan IMI mendukung apa yang sedang dipikirkan oleh Presiden mengembangkan Sirkuit Internasional MotoGP Mandalika juga bisa dipakai untuk Formula 1. Dan ditambah satu lagi dengan membuat baru di Bali dengan menggandeng investor dari luar negeri,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menuturkan, IMI telah menyelenggarakan dua putaran kejuaraan nasional (Kejurnas) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, antara lain Kejuaraan Nasional Gokart yang dibuka pada 14 Maret 2021 di Sirkuit Internasional Karting, Sentul, dan Kejuaraan Nasional Sprint Rally yang dibuka pada 11 April 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung.

“IMI saat ini menaungi sekitar 7.400 klub otomotif di seluruh Indonesia. IMI berkomitmen untuk mengoptimalkan kolaborasi olahraga bermotor dan sektor pariwisata (sport tourism) untuk mendorong geliat pertumbuhan perekonomian nasional, melalui 1.419 event per tahun di seluruh Indonesia, baik mobil maupun sepeda motor dengan protokol kesehatan yang ketat. Lebih dari itu, sepanjang 2021 ini akan ada 50 kejuaraan balap motor tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap motor tingkat internasional yaitu 2 putaran MXGP. Serta 56 kejuaraan balap mobil tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap mobil tingkat internasional yaitu TCR Asia dan Asian Gokart,” papar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menambahkan, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, IMI juga telah mengembangkan Kejuaraan dan Akademi Digital Motorsport sejak tahun 2019. Bahkan pada tahun 2020, IMI menggelar kejuaraan Indonesia Digital Motorsport Championship, memperebutkan Piala Ketua MPR RI. “IMI juga telah membentuk Kontingen Indonesia untuk mengikuti FIA Motorsport Games 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 29-31 Oktober 2021 di Sirkuit Paul Ricard & Marseilles, Perancis,” pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut turut hadir para pengurus IMI Pusat, antara lain Ketua Badan Pengawas Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Event dan Internasional Judiarto, Ketua Komunikasi dan Media Sosial Raffi Ahmad dan Jolene Marrie, Puteri Indonesia Lingkungan 2019. Hadir pula Sean Gelael, pebalap muda yang memenangi kejuaraan Race 3 Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 di Abu Dhabi dan Presiden MRTI Rapsel Ali beserta Indra Kemalsyah Nasution, dan Irawan Sucahyono.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.